Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Empat Bandara yang Dikelola akan Turun Kasta, Ini Respons AP II

Angkasa Pura II atau AP II memberika tanggapan soal rencana pemerintah menurunkan status internasional empat bandara yang dikelolanya menjadi domestik.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 September 2020  |  18:04 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi. - Istimewa
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II akan mematuhi hasil evaluasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jika terdapat bandara kelolaannya yang diturunkan statusnya dari bandara internasional menjadi bandara domestik.

VP of Corporate Communications AP II Yado Yarismano menegaskan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait adanya bandara kelolaanya yang diturunkan statusnya menjadi bandara untuk penerbagan domestik.

"Sehubungan dengan ini memang kami belum mendapat informasi resmi dari teman-teman regulator," jelasnya kepada Bisnis.com, Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut, terkait sikap AP II jika bandaranya ada yang diturunkan statusnya dari internasional menjadi domestik, pihaknya akan patuh.

"Karena ini memang hasil dari evaluasi teman-teman dari Dirjen Perhubungan Udara, kami dari sisi operator bandara pasti akan comply dengan apa yang ditetapkan oleh Kemenhub," ujarnya.

Sebelumnya, beredar surat dari Ditjen Perhubungan Udara yang mengusulkan kepada Menhub mengenai pengembalian status 8 bandara internasional menjadi bandara domestik.

Kedelapan bandara tersebut yakni Bandara Maimun Saleh, Sabang; RH. Fisabilillah, Tanjung Pinang; Radin Inten II, Lampung; Pattimura, Ambon; Frans Kaisiepo, Biak; Banyuwangi; Husein Sastranegara, Bandung; dan Mopah, Merauke.

Adapun dari delapan bandara tersebut, empat diantaranya dikelola AP II, yakni bandara di Tanjung Pinang, Lampung, Banyuwangi, serta Bandung. Namun, Yado menegaskan hingga saat ini, keempat bandara tersebut masih berstatus internasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top