Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pagi Ini, Girder Kereta Cepat Jakarta Bandung Dipasang

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memasang girder proyek kereta cepat di tiga titik pada pagi ini.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 September 2020  |  09:28 WIB
Aktivitas proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di salah satu tunnel atau terowongan di kawasan Tol Purbaleunyi KM 125, Cibeber, Cimahi Selatan, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020). Bisnis - Rachman
Aktivitas proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di salah satu tunnel atau terowongan di kawasan Tol Purbaleunyi KM 125, Cibeber, Cimahi Selatan, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pagi ini akan menggelar seremoni peletakan girder proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, di tiga lokasi sekaligus.

Seiring dengan telah masifnya pier yang berdiri di sepanjang trase, Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung kembali melakukan kegiatan peletakan girder di tiga lokasi Casting Yard yang berada di tiga titik.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda pencapaian progres proyek dalam merangkai seluruh trase kereta cepat.

Dari pantauan Bisnis.com, di casting yard 1 KM 29 Cikarang Barat, saat ini perseroan sedang bersiap untuk kegiatan seremoni pemasangan girder.

Adapun hingga akhir 2019, proyek ini menapaki sejumlah pencapaian konstruksi, misalnya satu dari tiga belas tunnel Kereta Cepat Jakarta – Bandung telah ditembus.

Di semester awal 2020, dua tunnel Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung di daerah Purwakarta juga telah ditembus, yakni tunnel #3 dengan panjang 735 meter dan tunnel #5 dengan panjang 437 meter. Dengan demikian, total tiga konstruksi terowongan telah ditembus.

Adapun 10 tunnel tersisa kini terus berprogres, salah satunya adalah konstruksi Tunnel #1 yang dengan menggunakan bor raksasa, Tunnel Boring Machine (TBM), tengah mencapai setengah dari panjang terowongan sepanjang 1.885 meter sejak penggalian awalnya pada kuartal IV/2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top