Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mau Beli Rumah? Perhatikan Trik-trik & Tahapan Ini

Ini sejumlah trik yang dapat diterapkan bagi warga MBR yang hendak membeli rumah di tengah keterbatasan anggaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  19:44 WIB
Foto udara perumahan bersubsidi di Sumedang, Jawa Barat./Antara/ - Raisan Al Farisi
Foto udara perumahan bersubsidi di Sumedang, Jawa Barat./Antara/ - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbagi trik membeli rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, mengingat untuk membeli hunian layak harus bersusah payah sehingga memerlukan pertimbangan sangat penting bagi konsumen segmen MBR.

EVP Consumer Loan Sales and Development Division Bank BRI Handaru Sakti dalam seminar daring pada Jumat (28/8/2020) menyampaikan bahwa trik pertama adalah masalah lokasi yang strategis dan lingkungan.

Ini bisa dianggap lokasi strategis dan lingkungan saat ini maupun sampai waktu ke depannya. "Ke depannya biasanya terkait dengan kebutuhan kehidupan kita seperti sarana dan prasarana, kebutuhan sosial seperti rumah sakit, sekolah dan pasar, sarana transportasi," ujarnya.

Menurut dia, kalau ini sudah terpenuhi, trik kedua adalah tinggal menyesuaikan dengan anggaran. Untuk hal ini setiap MBR bisa memilih seperti melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Pertimbangan anggaran ini bukan hanya mempertimbangkan kondisi dana saat ini, melainkan juga konsumen harus mempertimbangkan kondisi dananya pada masa depan.

Selain itu trik berikutnya dalam memilih rumah subsidi idaman adalah konsumen harus betul-betul mencari dan memastikan pengembang yang profesional.

Salah satu caranya konsumen MBR bisa mengecek atau dapat melihat para pengembang yang kredibel dan terdaftar di situs Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR serta memastikan bahwa pengembang memiliki pengalaman di proyek-proyek sebelumnya.

Trik keempat adalah konsumen harus mempelajari legalitas proyek, dengan mengecek dan meneliti keabsahan sertifikat rumah serta izin-izin yang menyertainya.

Trik selanjutnya adalah jangan pernah menunda pembelian, karena rumah adalah kebutuhan pokok dan harga rumah akan terus meningkat.

Terakhir mencari cara pembelian rumah subsidi yang mudah dengan menggunakan aplikasi SiKasep melalui bank-bank mitra dengan pelayanan terbaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti perumahan sederhana

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top