Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Strategi Hutama Karya Menghimpun Pembiayaan Proyek Tol Sumatra

Hutama Karya ditugaskan pemerintah untuk merealissikan Jalan Tol Trans Sumatra. Mengingat pembiayaannya yang sangat besar, BUMN itu perlu melakukan sejumlah langkah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  21:06 WIB
Gerbang Tol Lematang di Sumatra Selatan yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra./Bisnis - Abdullah Azzam
Gerbang Tol Lematang di Sumatra Selatan yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra./Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) saat ini menjalankan sejumlah strategi untuk menghimpun dana dan pembiayaan untuk menggarap penugasan pemerintah yaitu proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan dari target sepanjang 2.765 kilometer, proyek ini sejak digarap mulai pada 2015, pembangunannya sudah terealisasi 771 kilometer.

"Pengerjaan proyek tersebut tentu memerlukan pembiayaan yang tidak sedikit. Total pendanaan untuk proyek ini adalah senilai Rp476 triliun,” ujar Fauzan dalam siaran persnya pada Jumat (28/8/2020).

Menurutnya, untuk mencapai target, Hutama Karya harus terus berinovasi dalam mencari alternatif pembiayaan untuk menghimpun dana pembangunan JTTS.

Dia mengemukakan terdapat beberapa langkah strategis yang telah dan sedang dilakukan perseroan di antaranya selain menerima penyertaan modal negara (PMN), Hutama Karya juga harus memenuhi pendanaan melalui berbagai pembiayaan alternatif.

Beberapa skema creative financing yang telah direalisasikan seperti equity bridging dan menerbitkan global bond senilai US$600 juta di tengah kondisi pandemi pada Mei lalu.

Global bond ini merupakan bagian dari program global medium term note (MTN) Hutama Karya senilai US$1,5 miliar yang ditujukan untuk mempercepat pembangunan JTTS.

"Proyek Jalan Tol Trans Sumatra diharapkan akan tersambung sepenuhnya pada 2024, berarti 6 tahun lebih cepat dari rencana,” kata Fauzan.

Berkat langkah perseroan ini, Hutama Karya berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Anugerah Gatra 2020 pada kategori “Inovasi dalam Menggalang Pendanaan demi Realisasi Infrastruktur”.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol hutama karya
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top