Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Geser Pariwisata dari Kuantitas ke Kualitas, Wisnutama Lakukan Ini

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini pun, Bali tengah disiapkan untuk jadi percontohan konsep pariwisata yang berkualitas tersebut.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  21:02 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam live instagram garuda.indonesia, Jumat (28/8 - 2020)
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam live instagram garuda.indonesia, Jumat (28/8 - 2020)

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah melakukan transisi pariwisata Indonesia agar tidak lagi fokus terhadap kuantitas, tetapi mulai bergeser ke kualitas.

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini pun, Bali tengah disiapkan untuk jadi percontohan konsep pariwisata yang berkualitas tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandio mengatakan memang keindahan alam merupakan faktor yang menjadi daya tarik wisata, tetapi sudah saatnya pariwisata Indonesia tidak berfokus ke sana.

"Keindahan alam adalan given factor, yang perlu ditingkatkan man made-nya, culture juga, setiap keunikan daerah masing-masing kelebihan kita, harus kita pertahankan, agar selalu jadi kekuatan kita itu kelebihan kita," katanya dalam live instagram di akun @garuda.indonesia, Jumat (28/8/2020).

Dengan demikian, ketika dia menjadi menteri akhirnya dibentuk kedeputian khusus yang mengurusi menciptakan atraksi dan daya tarik wisata, terkait meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan event wisata

Lebih lanjut, dia menyebut ke depan, pariwisata berbasis kualitas menjadi sangat penting, sehingga perlu menggeser dari sekedar jumlah wisatawan menjadi pariwisata yang berkualitas.

"Ternyata kebutuhannya, pariwisata beralih ke quality tourism, bagaimana mendatangkan devisa ke negara ini sebesar-besarnya. Garuda Indonesia ini tidak hanya kendaraan manusia, tapi kendaraan devisa masuk ke Indonesia," selorohnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang bertindak sebagai tuan rumah live instagram tersebut mengatakan Garuda juga tengah bergeser mengupayakan jasa yang berkualitas atau quality service.

"Garuda ini move little bit ke quality service, kami memperlakukan setiap individual secara khusus. Intensi orang beda-beda, Garuda bagus VIP customer, nah, individual yang bukan siapa-siapa duduk di kelas ekonomi di pojok, pakai tas ransel, kami treat them as VIP juga," terangnya.

Dia juga merasakan adanya kesamaan visi dengan Kemenparekraf dalam memajukan industri pariwisata di tengah dan pasca Covid-19. Pihaknya, juga berkomitmen untuk terus mendukung pariwisata Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Garuda Indonesia kemenparekraf
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top