Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ADHI Tuntaskan Jalur Kereta LRT U-Shaped Girder Terpanjang

PT Adhi Karya (Persero) Tbk, (ADHI) mempersembahkan jalur kereta dengan struktur U-shaped girder pertama dan terpanjang di Indonesia.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  18:50 WIB
U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf
U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf "U". Untuk pertama kalinya U- Shape Girder digunakan di Indonesia dan lahir di pabrik beton pracetak milik ADHI. Teknologi ini diadopsi dari Prancis. - ADHI.Co.Id

Bisnis.com, JAKARTA--PT Adhi Karya (Persero) Tbk, (ADHI) mempersembahkan jalur kereta dengan struktur U-shaped girder pertama dan terpanjang di Indonesia.

Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson menjelaskan karya ini tidak semata-mata ada begitu saja namun ada kerja keras dan inovasi yang terus dikembangkan ADHI dengan dedikasi yang tinggi untuk negeri.

"Nantinya, jalur kereta ini akan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia dengan tiga rekor," ujarnya dalam siaran pers Senin (24/8/2020).

Tiga rekor dimaksud yang bakal diraih ADHI dari proyek ini adalah pertama, pemakaian U-shaped girder pertama di Indonesia. Kedua, pembangunan jalur kereta dengan struktur U-shaped girder terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapai 43,057 kilometer. Ketiga, zero accident dalam pengiriman U-shaped girder seberat total 363.912,31 ton.

Kegiatan instalasi ini dilaksanakan tepat di bawah U-shaped girder dari jalur kereta LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diadakan pada pagi ini dan dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Asisten Deputi Bidang Jasa Konstruksi dan Perumahan Hendrika Nora Osloi Sinaga, Asisten Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Perhubungan Priyatmo Hadi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo.

Dalam Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2015 beserta perubahannya, ADHI dinyatakan sebagai kontraktor pelaksana dari pembangunan kereta api ringan/ light rail transit di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi – LRT Jabodebek. Pembangunan ini meliputi, pekerjaan fisik untuk jalur dengan konstruksi jalur layang, fasilitas operasi, railway, trackwork, pembangunan stasiun, temporary pitstop, serta depo.

LRT Jabodebek Fase I dibangun dengan menggunakan struktur utama berwujud lebih ramping dari struktur biasanya. Struktur ini merupakan teknologi u-shaped girder atau gelagar berbentuk huruf U yang diadopsi dari Prancis.

Teknologi ini dipilih karena desainnya ramping, sesuai dengan ketersediaan ruang di Jakarta. Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan. Selain itu, struktur ini menyediakan walkway atau ruang untuk berjalan.

Selain penggunaan U-shaped girder, LRT Jabodebek juga menggunakan teknologi third rail untuk mendistribusikan pasokan listriknya, sehingga tidak ada kabel melintang di atas jalur yang akan menambah estetika dan ramah dengan arsitektur kota Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adhi karya jalur kereta api LRT
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top