Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Tahun Depan Diprediksi Industri Penerbangan Masih Akan Suram

Pemerhati penerbangan Alvin Lie menilai kondisi suram industri penerbangan masih akan berlanjut hingga tahun depan dengan waktu yang tidak bisa diperkirakan usainya.
Suasana sepi terlihat di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020).  Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Suasana sepi terlihat di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerhati penerbangan memperkirakan kondisi suram masih akan dialami maskapai hingga akhir 2021 karena kondisi ketidakpastian akibat penanganan pandemi Covid-19 masih belum dapat diperkirakan, termasuk penemuan vaksin.

Pemerhati penerbangan yang juga anggota Ombudsman Alvin Lie mengatakan belum dapat memperkirakan kondisi yang dihadapi maskapai saat ini untuk penerbangan internasional dan domestik akan berlalu hingga kapan.

Namun, menurutnya, pemerintah perlu berupaya mempertahankan transportasi udara agar tidak runtuh.

Pasalnya saat ini tidak ada negara yang hidup tanpa didukung oleh transportasi udara. Transportasi udara masih diperlukan untuk menopang kegiatan ekonomi di seluruh dunia tidak hanya di Indonesia.

“Tantangannya luar biasa. Pengguna jasa masih takut bepergian. Ini tantangannya luar biasa. Saya perkirakan paling tidak akhir 2021 kondisinya masih berat,” jelasnya, Kamis (13/8/2020).

Di sisi lain operator bandara, maskapai dan pemerintah juga berkepentingan untuk mencegah agar tidak ambruk. Pasalnya kalau industri ini kolaps akan susah untuk membangunnya kembali.

“Caranya bagaimana Ini semua pihak para pemerhati juga mencari jalan keluar tapi saat ini belum mendapatkan solusi yang benar-benar dapat diandalkan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper