Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUT ke-75 RI, PLN Jakarta Amankan Pasokan Listrik

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya siap mengerahkan 2.688 personel untuk mengamankan pasokan listrik jelang peringatan HUT RI ke-75 pada 14-17 Agustus 2020.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  19:13 WIB
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa - PLN
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa - PLN

Bisnis.com, JAKARTA--PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya siap mengerahkan 2.688 personel untuk mengamankan pasokan listrik jelang peringatan HUT RI ke-75 pada 14-17 Agustus 2020.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, memperkirakan beban puncak listrik untuk wilayah Jakarta pada saat Sidang Tahunan DPR, MPR, DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden, Jumat (14/8/2020), mencapai 4.803 megawatt (MW). Sedangkan beban puncak listrik pada saat peringatan HUT RI, Senin (17/8/2020) mencapai 3.702 MW.

Sementara itu, daya mampu sistem kelistrikan Jakarta saat ini mencapai 11.460 MW yang disalurkan oleh 58 gardu induk di seluruh wilayah Jakarta Raya.

"Pada even tertentu kami analisis perkiraan beban puncak untuk memastikan pasokan cukup. Pasokan harus lebih besar dari permintaan. Pada sistem normal dibutuhkan 30 persen cadangan. Alhamdulillah, kami punya cadangan lebih dari 100 persen," ujar Doddy dalam konferensi pers secara daring, Kamis (13/8/2020).

PLN UID Jakarta Raya secara khusus melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi, antara lain Istana Negara, Gedung MPR/DPR, TMP Kalibata, kantor Pemda, dan kantor-kantor media.

Selain melakukan pengecekan kesiapan peralatan listrik dan pemeliharaan pada lokasi pemantauan, PLN juga tidak memberlakukan pekerjaan pemeliharaan yang menyebabkan pemadaman.

Dalam rangka mengamankan pasokan listrik ini, PLN UID Jakarta menyiagakan 2.688 petugas yang dilengkapi dengan 16 unit uninterruptible power supply (UPS), 19 unit trafo bergerak (UTB), 6 unit kabel bergerak (UKB), 6 genset, 4 unit HIAB truck crane, dan 7 unit mobil deteksi.

Doddy menambahkan, seluruh kegiatan persiapan tersebut dilakukan dengan melaksanakan protokol Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN pasokan listrik Sidang Tahunan MPR
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top