Bandara Internasional Yogyakarta Hadirkan Science Corner Taman Pintar

PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan Taman Pintar Yogyakarta menjalin kerjasama penyelenggaraan konsep one-stop destination dengan menghadirkan Science Corner Taman Pintar di area ruang tunggu Bandara Internasional Yogyakarta.
Foto: Dok. PT. Angkasa Pura I (Persero)
Foto: Dok. PT. Angkasa Pura I (Persero)

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Dikenal sebagai bandara yang penuh dengan nuansa Yogyakarta di setiap sudutnya, kini Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali menghadirkan salah satu destinasi wisata unggulan Yogyakarta. Kali ini merupakan wisata edukasi unggulan, Taman Pintar, pusat ilmu pengetahuan atau science center yang berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Yogyakarta, dapat ditemukan di YIA.

PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan Taman Pintar Yogyakarta menjalin kerjasama penyelenggaraan konsep one-stop destination yang diwujudkan dengan menghadirkan Science Corner Taman Pintar di area ruang tunggu Bandara Internasional Yogyakarta.

Angkasa Pura I
Angkasa Pura I

Konsep Science Corner adalah sebagai ikon Taman Pintar yang menyatukan konsep Reading Corner dan Family Corner dengan memperkuat aspek edukasi sains dengan menambahkan alat peraga interaktif digital serta dilengkapi dengan e-library. 

“Inisiasi ini selaras dengan misi Angkasa Pura I untuk menjadikan bandara yang mengoptimalkan teknologi digital. Dengan hadirnya Science Corner di YIA, Angkasa Pura I bermaksud mengenalkan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan kepada pengguna jasa bandara,” jelas Agus Pandu Purnama, PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta.

Science Corner YIA hadir dengan 4 (empat) area yaitu bagian depan pintu masuk (entrance) yang dilengkapi dengan monitor touch-screen berisi profil dan informasi digital. Bagian kedua merupakan area science, dimana terdapat 4 (empat) alat peraga seperti Magic Floor; Peraga Harpa Tak Berdawai; Peraga Uji Konsentrasi; dan Peraga Cincin Loncat. Bagian ketiga, pengguna jasa bandara dapat menemukan reading corner yang dilengkapi dengan perangkat komputer berisi e-library dan varian buku yang dapat dibaca di area membaca. Pada bagian keempat, pengguna jasa bandara yang mengajak serta anak-anak, dapat memanfaatkan playground sehingga anak dapat melengkapi belajarnya dengan bermain.  

Agus Pandu Purnama  menambahkan, “ Area science corner dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna jasa bandara, tidak hanya anak-anak, karena di dalamnya dilengkapi dengan 4 macam area yang sangat menarik. Seperti misalnya pada area science, pengguna jasa dapat menikmati peraga seperti: Harpa tanpa dawai yang merupakan peraga berbentuk harpa namun tidak memiliki dawai dan bekerja dengan sistem sensor. Uji Konsentrasi adalah peraga berbasis saklar listrik dan bisa menjadi ajang untuk menguji konsentrasi. Sedangkan cincin loncat merupakan alat peraga untuk memperkenalkan konsep aliran listrik dan gaya tarik magnet. Terakhir adalah magic floor sendiri merupakan alat peraga berbasis Augmented Reality (AR) yang dimainkan dengan pijakan kaki.”

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta atas inisiasi dalam membawa nuansa Yogyakarta di bandara.

Haryadi Sayuti juga menyampaikan harapan bahwa science corner ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pengguna jasa bandara. “Kami berharap kehadiran science corner di bandara ini dapat menjadi sarana untuk mengembangkan dan memperluas layanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan literasi sains dengan media pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan,” jelasnya.

“Semoga dengan bertambahnya ikon Yogyakarta di YIA, dapat memperkuat nuansa di bandara bahwa Yogyakarta merupakan pusat pendidikan dan daerah tujuan wisata. Bagi pengguna jasa bandara, kami akan tetap memastikan keamanan dan kenyamanan ruang baru ini sebagaimana fasilitas layanan lainnya sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemic saat ini,” tegas Agus Pandu Purnama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper