Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah, 3 Seksi Jalan Tol KLBM di Jatim Beroperasi Dalam Waktu Dekat

Badan Pengatur Jalan Tol mencatat progres konstruksi jalan tol Krian—Legundi—Bunder—Manyar sepanjang 38,40 kilometer untuk seksi 1—4 telah mencapai 75,39 persen.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  17:54 WIB
Ilustrasi: Interchange di Jalan tol Kanci-Pejagan. Jalan tol ini dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, anak usaha PT Waskita Transjawa Roll Road. Waskita Toll Road memiliki 39,49 persen saham WTTR per 1 April 2020. - wtr.co.id
Ilustrasi: Interchange di Jalan tol Kanci-Pejagan. Jalan tol ini dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, anak usaha PT Waskita Transjawa Roll Road. Waskita Toll Road memiliki 39,49 persen saham WTTR per 1 April 2020. - wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Waskita Toll Road menargerkan proyek jalan tol Krian—Legundi—Bunder—Manyar di Jawa Timur, yang digarap anak perusahaannya PT Waskita Bumi Wira, dapat beroperasi pada semester II/2020.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu menjelaskan bahwa memang perseroan sudah berencana untuk mengoperasikan jalan tol tersebut khususnya untuk seksi 1—3.

"Pada semester II/2020 ini WTR berencana mengoperasikan beberapa ruas tol yang belum beroperasi seperti tol Krian—Legundi—Bunder—Manyar Seksi 1, 2 dan 3 sepanjang 29,10 kilometer," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (7/8/2020).

Alex menyebut saat ini WTR memiliki 16 proyek ruas tol dengan 7 ruas di antaranya anak perusahaan PT Waskita Karya Tbk. itu berstatus sebagai pemegang saham mayoritas. "Dari 16 ruas tersebut lima ruas telah beroperasi penuh.

Sementara itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mencatat progres konstruksi jalan tol Krian—Legundi—Bunder—Manyar (KLBM) di Provinsi Jawa Timur sepanjang 38,40 kilometer untuk seksi 1—4 telah mencapai 75,39 persen.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa untuk seksi 1—3 saat ini konstruksinya telah mencapai 99,83 persen dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini.

"Kehadiran jalan tol Krian—Legundi—Bunder—Manyar yang merupakan bagian dari jalan tol non Trans-Jawa, menjadi akses pendukung dalam menghubungkan lalu lintas kendaraan antar wilayah di daerah Krian, Kabupaten Sidoarjo dengan Manyar, dan Kabupaten Gresik dan wilayah di Jawa Timur sekitarnya," ujarnya.

Jalan tol KLBM terbagi menjadi 4 seksi, yaitu Seksi 1 Krian—Kademean Mengganti sepanjang (9,77 km), Seksi 2 Kademean Mengganti—Boboh (8,83% km), Seksi 3 Boboh—Bunder (10,40 km). Kemudian Seksi 4 ruas Bunder—Manyar (9,40 km) menyusul untuk segera dilakukan konstruksi.

BPJT menilai kehadiran jalan tol yang dikelola oleh PT Waskita Bumi Wira ini, juga dapat menjadi penghubung ke daerah wisata di wilayah Jawa Timur sehingga dapat memberi kemudahan akses kendaraan bagi para wisatawan yang datang untuk menikmati setiap pariwisata yang ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita toll road
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top