Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Operasional Tol Baru Tertunda, Apa Sebabnya?

Pekerjaan massal yang menimbulkan kerumunan tidak dapat dilakukan secara bersamaan, karena harus tetap memperhatikan physical distancing.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  23:24 WIB
Kepala BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Danang Parikesit (tengah) - Bisnis/Abdullah Azzam
Kepala BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Danang Parikesit (tengah) - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah ruas tol baru di Tanah Air sempat tertunda operasionalnya akibat beberapa kendala di lapangan. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan sejumlah kendala terjadi akibat adanya pandemi Covid-19.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan untuk kendala di lapangan selama masa konstruksi ditemukan pihaknya pada saat pandemi Covid-19 sejak Maret lalu.

"Diantaranya waktu lembur pekerja di lapangan ditiadakan atau dikurangi, tujuannya untuk menjaga kondisi tubuh pekerja yang harus tetap dalam keadaan sehat dan terus mematuhi aturan protokol kesehatan," ujarnya kepada Bisnis Kamis (6/8/2020).

Kemudian, untuk pekerjaan massal yang menimbulkan kerumunan tidak dapat dilakukan secara bersamaan, karena harus tetap memperhatikan physical distancing.

Sebelumnya diketahui beberapa proyek tol yang ditargetkan rampung 2019 dan beroperasi awal 2020 seperti ruas tol Manado-Bitung, serta tol Pekanbaru-Dumai, sampai saat ini masih belum dioperasikan.

Sementara menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang, BPJT mencatat ada dua ruas tol yang bakal dibuka dan mulai beroperasi.

Jalan tol yang siap diresmikan yaitu jalan tol Banda Aceh—Sigli seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer, dan jalan tol Manado-Bitung seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer serta sebagian ruas seksi 2 hingga Kauditan sepanjang 7 kilometer atau total sepanjang 21 kilometer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top