Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kuartal II/2020, BPS: Kontribusi Pertanian terhadap PDB Justru Naik

Kontribusi sektor pertanian terhadap PDB mengalami peningkatan kuartal II/2020 yang dipengaruhi oleh pergeseran masa panen raya tanaman pangan.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  13:42 WIB
Petani padi melakukan pemupukan di lahan sawahnya dengan pupuk urea bersubsidi. istimewa
Petani padi melakukan pemupukan di lahan sawahnya dengan pupuk urea bersubsidi. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) mengalami peningkatan pada kuartal II/2020. Pertanian juga menjadi satu-satunya sektor dari lima penyangga utama PDB yang tumbuh positif sepanjang periode ini.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengemukakan bahwa kontribusi pertanian naik menjadi 15,46 persen pada kuartal II 2020 dibandingkan dengan kontribusi pada kuartal II 2019 sebesar 13,57 persen. Sebaliknya, akibat kontraksi yang dalam, kontribusi sektor transportasi dan pergudangan justru turun dari 5,57 persen pada kuartal II 2019 menjadi 3,57 persen pada kuartal II 2019.

Secara umum, Suhariyanto mengemukakan bahwa struktur PDB Indonesia pada kuartal kedua tidak banyak berubah. Sekitar 65 persen perekonomian disebutnya dipengaruhi oleh lima sektor utama yaitu industri, pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan. Dari kelima sektor penopang ini, hanya pertanian yang tumbuh positif.

“Oleh karena itu, pergerakan lima sektor ini akan sangat berpengaruh terhadap perekonomia Indonesia. Tapi sayangnya hanya pertanian yang tumbuh dan empat lainnya terkontraksi,” kata Suhariyanto dalam keterangan pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dibandingkan dengan kuartal I 2020, sektor pertanian tercatat tumbuh sebesar 16,24 persen. Suhariyanto menjelaskan bahwa pertumbuhan sektor ini banyak dipengaruhi oleh pergeseran masa panen raya tanaman pangan yang tahun lalu jatuh pada Maret menjadi April dan Mei pada 2020 ini.

Sementara itu, lapangan usaha transportasi dan pergudangan terkontraksi paling dalam sebesar 29,22 persen, industri 6,49 persen, perdagangan 6,71 persen, konstruksi 7,37 persen, dan pertambangan 3,75 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bps pertanian
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top