Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meski Pandemi, Proyek Konstruksi Tidak Ada yang Berhenti

Instruksi Menteri No. 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi masih berlaku.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  18:37 WIB
Gerbang Tol Blang Bintang. PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus berupaya menjalankan mandat pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765 km.  - Hutama Karya\n\n
Gerbang Tol Blang Bintang. PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus berupaya menjalankan mandat pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765 km. - Hutama Karya\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menegaskan bahwa berbagai proyek infrastruktur yang telah direncanakan pada tahun ini tetap berjalan seperti biasa meskipun pandemi Covid-19 sudah menyebar di Indonesia sejak 5 bulan lalu.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto menyebutkan bahwa tidak ada pekerjaan konstruksi yang dihentikan akibat pandemi virus Corona.

"Tidak ada [proyek dihentikan akibat Covid-19], semua pekerjaan konstruksi saat ini masih pelaksanaan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (4/8/2020).

Dia juga mengaku regulasi yang mengatur penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan proyek konstruksi, yaitu Instruksi Menteri No. 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang ditandatangani pada 27 Maret 2020, masih berlaku dan diterapkan dalam pelaksanaan proyek konstruksi di lapangan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebutkan bahwa pengoperasian jalan tol dan proyek konstruksi tol akan terus berjalan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan pihaknya untuk mendukung konektivitas barang dan jasa selama pandemi.

"Di setiap jalan tol yang beroperasi saat ini tetap diberlalukan protokol kesehatan terhadap petugas layanan jalan tol. Seperti jaga jarak fisik antara petugas, memakai masker, kacamata safety, dan menjaga kebersihan serta mencuci tangan," ujarnya.

Selain itu, petugas tol juga diarahkan untuk rutin membersihkan gerbang tol seperti membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cara menyemprotkan disinfektan.

Kemudian setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga sudah menyiapkan fasilitas pendukung sesuai protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konstruksi pandemi corona
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top