Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bulan Ini KAI Tambah Tujuh KA Jarak Jauh, Ini Daftarnya

KAI menambah tujuh KA Jarak Jauh pada bulan ini seiring dengan peningkatan animo pelanggan pada Juli 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  19:05 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali menambah tujuh Kereta Api (KA) Jarak Jauh pada akhir pekan dan tanggal tertentu pada Agustus 2020 setelah sebelumnya dihentikan sementara akibat pandemi Covid-19.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan penambahan perjalanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal secara bertahap dikarenakan adanya peningkatan pelanggan sebanyak 60 persen pada Juli 2020.

Adapun, tujuh KA Jarak Jauh tersebut adalah KA Harina (Bandung – Surabaya Pasar Turi pp), Senja Utama Solo (Solo Balapan – Pasar Senen), Mataram (Pasar Senen – Solo Balapan), Matarmaja (Pasar Senen – Malang pp), Pasundan (Bandung Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp), Wijayakusuma (Cilacap – Ketapang pp), dan Sawunggalih (Pasar Senen – Kutoarjo pp).

"Dengan demikian, sampai dengan 2 Agustus 2020, terdapat kenaikan 14 persen pada rata-rata jumlah perjalanan KA per hari pada Agustus 2020 yaitu sebanyak 178 KA perhari dibandingkan dengan 155 KA perhari pada Juli 2020," jelasnya melalui siaran pers Senin (3/8/2020).

Perjalanan Kereta Api tersebut dijalankan kembali setelah melihat minat masyarakat yang tumbuh. Pada Juli KAI melayani sebanyak 1,12 juta pelanggan atau naik 60 persen dibandingkan dengan volume pelanggan pada Juni sebesar 699.309 pelanggan.

Adapun, pemerinciannya yaitu volume pelanggan KA Jarak Jauh pada Juli sebanyak 215.796 pelanggan, naik 224 persen dibandingkan dengan pada Juni sebanyak 66.687 pelanggan. Selain itu volume pelanggan KA Lokal pada Juli sebanyak 906.561 pelanggan, naik 43 persen dibandingkan dengan pad Juni sebanyak 632.622 pelanggan.

KAI menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti menghadirkan diskon tiket, undian berhadiah, libur hari raya Iduladha, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan rapid test Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun.

Layanan rapid test di stasiun hasil kerja sama KAI dan Rajawali Nusindo tersebut sangat diminati oleh calon pelanggan. Terbukti sampai dengan 2 Agustus 2020, terdapat 7.340 calon pelanggan di 12 stasiun, atau rata-rata 1.048 peserta setiap harinya.

Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api stasiun
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top