Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Integrasi Angkutan Umum Bodetabek Mesti Dipercepat, Ini Alasannya

MTI menyampaikan alasan angkutan umum di Bodetabek harus dipercepat dalam masa pandemi Covid-19 ini.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  18:06 WIB
Sejumlah angkutan umum terparkir di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Jumat (2/8/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
Sejumlah angkutan umum terparkir di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Jumat (2/8/2019). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah daerah (Pemda) penyangga Provinsi DKI Jakarta, yakni Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (Bodetabek) perlu mendukung adanya layanan bus JR Connexion dengan tambahan program TransJakarta.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan pemerintah Bodetabek perlu mendukung adanya layanan Bus JR Connexion di wilayahnya. Bahkan, pemda berupaya untuk mendapatkan bantuan Program Pembelian Layanan (Buy the Service) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk merevitalisasi layanan angkot di daerahnya.

"Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek [BPTJ] dapat menyelenggarakan program Buy the Service untuk pemda di wilayah Bodetabek," jelasnya, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, angkutan kota (angkot) yang beroperasi sekarang sudah tidak layak digunakan warga di masa pandemi dan akan semakin membikin pengusaha angkutan umum di daerah terpuruk. Dengan Program BTS, pengusaha angkutan umum di daerah dapat bangkit kembali.

Dia berpendapat melalui sistem tersebut, pengemudi sudah tidak dipusingkan dengan sistem setoran. Di sisi lain, mereka mendapat gaji tetap bulanan, tanpa dipengaruhi jumlah penumpang yang diangkut.

Pemda DKI Jakarta dan Bodetabek dapat terus meningkatkan fasilitas pesepeda di semua jaringan jalan untuk digunakan perjalanan jarak pendek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi bus
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top