Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Tentang Kopi di Kala Pandemi

Kopi telah menjelma menjadi gaya hidup, lambang kemapanan, absurditas kaum kreatif, bahkan suatu tingkat kemewahan. Kopi telah menjelma menjadi produk kebudayaan.
Bupati Banyuwangi  Azwar Anas (kanan) dan Deputy Team Leader Water and Sanitation Jim Coucouvinis memberikan paparan dalam seminar Managing Urbanisation for Sustainable Cities di Jakarta, Selasa (19/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Bupati Banyuwangi Azwar Anas (kanan) dan Deputy Team Leader Water and Sanitation Jim Coucouvinis memberikan paparan dalam seminar Managing Urbanisation for Sustainable Cities di Jakarta, Selasa (19/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Kopi Banyuwangi Mulai Bangkit

Keresahan pengusaha kopi di Tanggamus pun dirasakan di Banyuwangi. Hanya saja, saat ini, pelaku usaha di Banyuwangi sudah kembali menata usahanya, setelah terimbas bandemi virus corona.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pelaku usaha berbahan kopi di daerah itu mulai bangkit dan menata kembali usahanya.

"Alhamdulillah saya lihat kemarin perlahan tapi pasti, mulai bergeliat lagi. Kita harus optimistis menyambut era adaptasi kebiasaan baru. Hulunya kita perkuat, hilirisasi kopinya juga dioptimalkan, sehingga ekonomi kembali bergerak," katanya, Senin (27/5/2020).

Azwar Anas mengaku telah bertemu dengan para petani dan pegiat usaha kopi Kalibaru, di Ruang Terbuka Hijau Sawunggaling, yang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil kopi dan perkebunan kopi rakyat yang mencapai 9.721 hektare.

"Kami sangat senang melihat banyak anak muda yang kini terlibat dalam pengembangan kopi. Tidak hanya bergerak dalam pertanian kopi saja, tapi sudah mulai melakukan pemprosesan kopi siap saji," katanya.

Hamdani, salah seorang pemilik kedai Semiotika Kopi Kalibaru Manis, mengatakan bahwa selama ini ia bersama kawan-kawannya rajin mempromosikan kopi lokal Kalibaru.

"Jika pemerintah turut mendampingi dan membantu promosi, tentu ini menjadi kabar gembira bagi kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper