Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Covid-19, BPJT: Pembangunan Jalan Tol Tetap Berlanjut

BPJT menyatakan sampai awal Juli 2020, jalan tol yang rampung dibangun dan dioperasikan mencapai 38,8 kilometer.
Ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 4 ruas Blang Bintang-Indrapuri siap dioperasikan./Antara
Ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 4 ruas Blang Bintang-Indrapuri siap dioperasikan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa pembangunan proyek tol sampai saat ini terus berjalan sesuai rencana, meski ada pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan sampai awal Juli 2020, jalan tol yang rampung dibangun dan dioperasikan mencapai 38,8 kilometer.

"Tiga ruas tol yang rampung sepanjang 38,8 kilometer yaitu jalan tol Kayu Agung - Palembang - Betung seksi 1 sepanjang 29,39 kilometer, lalu jalan tol Pandaan - Malang seksi 5 sepanjang 3,11 kilometer dan jalan tol Depok - Antasari seksi 2 sepanjang 6,3 kilometer," kata Danang kepada Bisnis, Senin (27/7/2020).

Dia menjelaskan selama pandemi ini, tidak ada proyek konstruksi tol yang terhenti. Progres pembangunan jalan bebas hambatan di Tanah Air disebut masih berlanjut berdasarkan instruksi Menteri PUPR untuk dilanjutkan pengerjaannya. Namun, proses pengerjaanya tetap menerapkan protokol kesehatan di lapangan.

Adapun, pada semester kedua tahun ini, dia menuturkan ada beberapa proyek strategis nasional khususnya jalan tol lain yang akan dikerjakan.

Beberapa proyek jalan tol yang dimaksud antara lain adalah Solo - Yogyakarta, dan Bawen - Yogyakarta yang segera masuk proses lelang investasi guna mendapatkan Badan Usaha Jalan Tol pelaksana proyek.

"Kemudian untuk segera dilaksanakan juga konstruksi Jalan Tol Trans Sumatra di ruas Indrapura - Kisaran sepanjang 47,55 kilometer," ujarnya.

Sementara itu, SEVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan menjelaskan sampai saat ini pihaknya bersama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, terus melanjutkan pengerjaan tol khususnya di ruas Indrapura - Kisaran.

"Selaku kontraktor kami sudah mulai konstruksi fisik ruas tol Indrapura - Kisaran, progresnya saat ini sudah mencapai 9,40 persen," jelasnya.

Sementara itu, dalam waktu dekat ini, BPJT menargetkan akan ada empat ruas tol lain yang akan dioperasikan yaitu Jalan Tol Banda Aceh - Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer, Jalan Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 kilometer, Jalan Tol Manado - Bitung seksi Manado - Kauditan sepanjang 21 kilometer, dan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda seksi 1 dan seksi 5 sepanjang 33 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper