Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kontraktor Kecil Kian Sulit Mendapatkan Kredit Bank

Tidak semua anggota Gapensi menerima program keringanan pembayaran angsuran atau restrukturisasi kredit akibat pandemi Covid-19.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  19:31 WIB
Pekerja berada di proyek konstruksi Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Aceh, Sabtu (22/2/2020). - Bisnis/Agne Yasa.
Pekerja berada di proyek konstruksi Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Aceh, Sabtu (22/2/2020). - Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA — Kontraktor berskala kecil yang menjadi anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia makin sulit mendapatkan kredit bank selama pandemi Covid-19.

Wakil Sekjen II Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Errika Ferdinata menjelaskan bahwa saat ini pihak perbankan makin hati-hati menyalurkan kredit.

"Saat ini cukup susah bagi anggota kami untuk minta kredit ke bank karena nanti pekerjaan sebagai subkontraktor tidak dibayar gimana?" ujarnya kepada Bisnis, Jumat (24/7/2020).

Selain kesulitan mendapatkan kredit, pihaknya juga mengaku tidak semua anggota Gapensi menerima program keringanan pembayaran angsuran atau restrukturisasi kredit akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal itu disebabkan perbankan juga melakukan langkah selektif sebelum menyetujui restrukturisasi, serta melihat historikal keuangan dari kontraktor tersebut.

Errika menilai program restrukturisasi ini juga belum tentu memberi solusi bagi kontraktor kecil karena saat pandemi ini pendapatan kontraktor makin menurun karena banyak proyek yang ditunda atau dialihkan ke tahun berikutnya.

"Kami kontraktor kecil ini serba salah, belum lagi sebagai subkontraktor itu sudah tangan keberapa dari pemberi proyek, kontraktor utama, baru ke subkontraktor sehingga biaya operasional kami juga semakin tinggi, sedangkan pendapatan akibat pandemi ini turun drastis," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar pemerintah dapat membantu dengan cara menyediakan pekerjaan atau proyek yang bisa digarap oleh kontraktor kecil pada masa pandemi ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gapensi kontraktor
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top