Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Bendungan Lolak Selesai Akhir Oktober 2020

Bendungan Lolak terletak di Desa Pindol, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dan merupakan salah satu bendungan baru yang pembangunannya dimulai pada 2015.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  16:57 WIB
Bendungan Lolak di Sulawesi Utara dengan posisi progres pembangunannya mencapai 46% pada Rabu (15/11/2017). - Istimewa/Kementerian PUPR
Bendungan Lolak di Sulawesi Utara dengan posisi progres pembangunannya mencapai 46% pada Rabu (15/11/2017). - Istimewa/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. menyatakan bahwa pembangunan Bendungan Lolak di Sulawesi Utara bakal tuntas dikerjakan pada akhir Oktober 2020.

Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) Yuyus Juarsa menjelaskan bahwa untuk tahun ini bendungan yang akan rampung dikerjakan dan mulai beroperasi salah satunya Bendungan Lolak.

"Sampai dengan Juni tahun ini, PTPP sedang mengerjakan 14 proyek bendungan. Untuk tahun ini, direncanakan bendungan yang akan rampung dan mulai beroperasi adalah Bendungan Lolak di Sulawesi Utara dengan target selesai akhir Oktober 2020," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (17/7/2020).

Bendungan Lolak terletak di Desa Pindol, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara dan merupakan salah satu bendungan baru yang pembangunannya dimulai pada 2015.

Bendungan ini memiliki luas area genangan 97,46 hektare dengan kapasitas tampung mencapai 16,1 juta meter kubik.

Saat beroperasi akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektare, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.

Dengan adanya Bendungan Lolak, diharapkan dapat memenuhi kontinuitas suplai air irigasi terutama pada musim kemarau yang selalu kekeringan dan penyediaan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Bendungan Lolak merupakan salah satu dari 13 bendungan baru yang kontrak pembangunannya ditandatangani pada 2015.

Kontrak pembangunan Bendungan Lolak dibagi menjadi dua yakni Proyek Bendungan Lolak senilai Rp830 miliar secara tahun jamak tahun 2015—2019 dengan kontraktor PTPP.

Terjadi perubahan desain konstruksi bendungan sehingga dilakukan kontrak proyek Bendungan Lolak Paket II senilai Rp821 miliar dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk,  PT Asfhri Putralora (kerja sama operasi/KSO) dengan kontrak tahun jamak 2017—2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpp bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top