Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

45 persen UMKM Baru Lebih Aktif Berjualan di Dagang-El  

Riset SEA Insight menemukan 45 persen pelaku UMKM baru lebih aktif berjualan di platform dagang-el selama masa pandemi Covid-19.
Belanja online/Ilustrasi
Belanja online/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengubah strategi produksi dan jenis barang untuk memenuhi permintaan pasar yang dinamis.

Laporan SEA Insight terbaru berjudul ‘Revitalisasi UMKM Indonesia’ mengungkapkan 45 persen pelaku UMKM baru lebih aktif berjualan di platform dagang-el selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Presiden Komisaris Sea Group Pandu P Sjahrir mengatakan 45 persen pelaku UMKM yang bermigrasi ke daring terdiri atas ritel dan grosir, makanan dan akomodasi, serta industri rumahan.

"Sektor ritel, industri rumahan, makanan dan akomodasi cenderung lebih aktif berjualan melalui e-commerce. Selain memberikan layanan pengiriman makanan, UMKM sektor makanan dan akomodasi dapat juga menjual makanan jadi di e-commerce," ujar Pandu dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/7/2020).

Selain itu, sejumlah pelaku UMKM di sektor pertanian, pertambangan, dan kesehatan turut tercatat beralih ke penjualan via platform dagang-el. Adapun, pelaku usaha di sektor kesehatan cenderung menjual masker dan hand sanitizer. Bahkan, terdapat juga pelaku usaha sektor pertanian yang memanfaatkan platform dagang-el untuk menjangkau konsumen.

Namun demikian, masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM dalam konteks pemanfaatan teknologi digital, antara lain modal, logistik, dan bahan baku. Beberapa hal lain yang masih menjadi masalah adalah literasi digital dan akses internet yang mahal dan tidak bisa diandalkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper