Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Untung Rugi New Normal, Komisi XI: Ada Sinyal Positif untuk Ekonomi

Komisi XI DPR RI melihat tanda-tanda positif penerapan new normal bagi ekonomi Indonesia, meski fase ini belum sepenuhnya diterapkan.
M. Misbakhun. /Antara
M. Misbakhun. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi XI optimistis fase new normal mampu menggerakkan kembali 'roda-roda' perekonomian Indonesia.

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyebut melalui new normal pula akan ada reaktivasi perekonomian. Dia juga melihat sudah melihat tanda-tanda positif dari fase new normal yang masih dalam tahap persiapan.

“Era new normal sudah disambut baik dengan menguatnya rupiah di mata dunia dan sentimen investasi yang terus tumbuh pada IHSG,” ujar Misbakhun, dalam keterangan resminya, Kamis (4/6/2020).

Misbakhun menambahkan, belum lama ini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil jajak pendapat tentang 158 wilayah yang bisa kembali melakukan aktivitas kerja pada masa pandemi Covid-19.

Hasilnya DKI Jakarta yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pun diyakini sebagai daerah yang bisa melakukan aktivitas.

Sebagai gambaran, lanjut dia, angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2020 yang hanya mencapai 2,97 persen. Menurutnya, capaian itu jauh dari target kuartal I/2020 yang diharapkan mencapai kisaran 4,5-4,6 persen.

Selain itu selama kuartal I/2020, pertumbuhan konsumsi hanya 2,84 persen, padahal biasanya masih di kisaran 5 persen. Padahal konsumsi berkontribusi sekitar hampir 57 persen pada produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Karena itulah new normal diharapkan dapat memulihkan kembali perekonomian Indonesia dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper