Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata! Milenial yang Paling Gemar Belanja Online Saat Pandemi Covid-19

Berdasarkan Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang digelar BPS, 54 dari 100 responden generasi milenial yang berbelanja online selama pademi Covid-19 merupakan perempuan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  16:21 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Bisnis
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi milenial ternyata paling gemar berbelanja barang-barang secara online selama pandemi virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS), 54 dari 100 responden generasi milenial yang berbelanja online selama pademi Covid-19 merupakan perempuan.

"45 persen responden generasi milenial berjenis kelamin perempuan memilih tetap tinggal di rumah dengan alasan menjaga kesehatan diri dan keluarga. Ini membuat perempuan milenial lebih memilih belanja online dibandingkan laki-laki," ujar Kepada BPS Suhariyanto seperti dikutip dari hasil Survei Sosial Demografi Covid-19, Rabu (3/6/2020).

Lebih lanjut, survei BPS mencatat responden dengan usia lebih tua atau generasi baby boomers lebih banyak secara proporsi dibandingkan generasi lain dalam kaitan peningkatan belanja online selama periode penyebaran virus Corona.

BPS memaparkan terjadi peningkatan sebesar 42 persen dalam aktivitas belanja online selama pandemi Covid-19, termasuk penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Secara kuantitas atau jumlah, responden generasi milenial paling banyak melakukan pembelian online," tulis Suhariyanto.

Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 menggunakan rancangan Non-Probability Sampling yang merupakan kombinasi dari Convenience, Voluntary, dan Snowball Sampling untuk mendapatkan respon partisipasi sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu seminggu pelaksanaan survei.

Karena keterbatasan akibat Covid-19, BPS menerapkan metode survei online sehingga informasi mengenai survei ini cenderung menyasar ke individu yang memiliki akses internet dan internet literacy yang tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bps belanja online generasi milenial
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top