Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata! Milenial yang Paling Gemar Belanja Online Saat Pandemi Covid-19

Berdasarkan Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang digelar BPS, 54 dari 100 responden generasi milenial yang berbelanja online selama pademi Covid-19 merupakan perempuan.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Bisnis
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi milenial ternyata paling gemar berbelanja barang-barang secara online selama pandemi virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS), 54 dari 100 responden generasi milenial yang berbelanja online selama pademi Covid-19 merupakan perempuan.

"45 persen responden generasi milenial berjenis kelamin perempuan memilih tetap tinggal di rumah dengan alasan menjaga kesehatan diri dan keluarga. Ini membuat perempuan milenial lebih memilih belanja online dibandingkan laki-laki," ujar Kepada BPS Suhariyanto seperti dikutip dari hasil Survei Sosial Demografi Covid-19, Rabu (3/6/2020).

Lebih lanjut, survei BPS mencatat responden dengan usia lebih tua atau generasi baby boomers lebih banyak secara proporsi dibandingkan generasi lain dalam kaitan peningkatan belanja online selama periode penyebaran virus Corona.

BPS memaparkan terjadi peningkatan sebesar 42 persen dalam aktivitas belanja online selama pandemi Covid-19, termasuk penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Secara kuantitas atau jumlah, responden generasi milenial paling banyak melakukan pembelian online," tulis Suhariyanto.

Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 menggunakan rancangan Non-Probability Sampling yang merupakan kombinasi dari Convenience, Voluntary, dan Snowball Sampling untuk mendapatkan respon partisipasi sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu seminggu pelaksanaan survei.

Karena keterbatasan akibat Covid-19, BPS menerapkan metode survei online sehingga informasi mengenai survei ini cenderung menyasar ke individu yang memiliki akses internet dan internet literacy yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper