Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS: Masyarakat Miskin dan Pekerja Sektor Informal Paling Terdampak Covid-19

Masyarakat miskin, rentan miskin, dan pekerja sektor informal merupakan pihak yang paling terdampak wabah virus corona (Covid-19).
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat miskin, rentan miskin, dan pekerja sektor informal merupakan pihak yang paling terdampak wabah virus corona (Covid-19).

Berdasarkan Survey Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 70,53 persen responden dalam kelompok masyarakat berpendapatan rendah atau berpenghasilan di bawah Rp1,8 juta per bulan mengaku mengalami penurunan pendapatan.

Sementara itu, kalangan lain yang mengalami permasalahan yang sama yaitu, masyarakat berpenghasilan Rp1,8 juta-Rp3 juta per bulan (46,77 persen), masyarakat berpenghasilan Rp3 juta-Rp4,8 juta per bulan (37,19 persen), dan masyarakat berpenghasilan Rp4,8 juta-Rp7,2 juta per bulan (31,67 persen).

"Tiga dari 10 responden kelompok berpendapatan tinggi [di atas Rp7,2 juta] mengaku mengalami penurunan pendapatan," demikian dikutip Bisnis dari hasil survei sosial tersebut, Selasa (2/6/2020).

Adapun, BPS mencatat wabah Covid-19 telah memukul industri pariwisata dalam negeri. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan larangan kunjungan wisatawan asing telah menyebabkan penurunan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Tiga jenis lapangan kerja terdampak yang termasuk dalam sektor pariwisata, yaitu perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor; transportasi dan pergudangan; serta sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum.

Sebanyak 70,39 persen responden yang bekerja di sektor perdagangan besar dan eceran; serta reparasi mobil dan sepeda motor mengaku mengalami penurunan pendapatan.

Lebih lanjut, 62,6 persen reponden yang bekerja di sektor transportasi dan pergudangan mengaku mengalami permasalahan serupa selama pandemi Covid-19.

"76,84 persen responden yang bekerja di sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum paling terdampak atau paling banyak mengalami penurunan pendapatan," tulis BPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper