Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Haji 2020 Dibatalkan, Garuda Indonesia Kehilangan Pemberangkatan 268 Kloter

Penerbangan haji 2020 rencananya dilayani oleh tiga maskapai yakni Garuda Indonesia, Flynas dan Saudia Airlines.
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi./Bloomberg
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Penerbangan haji yang dibatalkan pemerintah menyumbang 10 persen pendapatan PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) pada tahun lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya telah memasukan skenario pembatalan pengiriman jemaah haji 2020 dalam antisipasi bisnis perusahaan.

Pembatalan ini diperkirakan membuat kinerja perusahaan semakin tertekan mengingat musim liburan sekolah dan perayaan Idul Fitri sepanjang Mei-Juni tahun ini yang biasanya dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan udara juga ditiadakan sebagai pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Hal-hal ini [pembatalan pengiriman jemaah haji] sudah kami antisipasi sebelumnya,” jelas Irfan, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya pembatalan haji lebih ringan dibandingkan pembatalan penerbangan yang dilakukan pemerintah sebelumnya. Pasalnya dalam pembatalan penerbangan haji, Garuda tidak menyimpan uang masyarakat yang harus dikembalikan jika penerbangan dibatalkan.

Pemerintah secara resmi telah membatalkan keberangkatan jemaah haji pada 2020 baik jemaah haji reguler, khusus, maupun panggilan dari Arab Saudi. Pembatalan keberangkatan jemaah haji dengan pertimbangan menjaga nyawa lebih utama dan tidak adanya cukup waktu persiapan untuk pemberangkatan.

Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umrah Kemeterian Agama (PHU Kemenag) Nizar Ali mengatakan maskapai pelaksana pengangkutan Jemaah haji tahun 1441/H/2020 M akan ditetapkan kembali sebagai pelaksana pengangkutan jemaah haji pada tahun haji berikutnya. Penetapan itu nantinya tanpa melalui banyak tahap seleksi dengan jenis pesawat dan embarkasi sama sebagaimana yang telah ditetapkan.

“Secara otomatis Tiga maskapai yang pada tahun ini terpilih akan ditetapkan kembali untuk tahun depan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kemenag juga akan melakukan negosiasi tarif tiket pesawat dengan menyesuaikan kembali komponen harga penerbangan pada tahun depan. Sedangkan pembuatan koper jemaah haji untuk tahun ini tidak mencantumkan tahun operasional. Hal ini juga bertujuan agar dapat digunakan pada tahun depan jika pelaksanaan haji dibatalkan.

Tiga maskapai yang melayani haji penerbangan haji 2020 yakni Saudi Arabian (Saudia) Airlines, Garuda Indonesia, serta Flynas. Rinciannya Garuda Indonesia akan melayani 268 kloter, Flynas 19 kloter penerbangan haji, sementara Saudia Airlines melayani 221 kloter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper