Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapal MT Sea Rider Kandas, Kemenhub Turunkan Kapal Patroli

Kementerian Perhubungan mengerahkan kapal patroli KPLP KN. Sarotama P-112 dan kapal KN.P.366 untuk mengawal kapal tanker MT. Sea Rider yang baru saja lepas dari kandasnya.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  15:22 WIB
Kapal patroli KN.P.366 mengawal kapal tanker MT. Sea Rider yang baru saja lepas dari kandasnya, Selasa (19/5 - 2020). Dok.Istimewa
Kapal patroli KN.P.366 mengawal kapal tanker MT. Sea Rider yang baru saja lepas dari kandasnya, Selasa (19/5 - 2020). Dok.Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengerahkan kapal patroli KPLP KN. Sarotama P-112 dan kapal KN.P. 366 untuk mengawal kapal tanker MT. Sea Rider yang baru saja lepas dari kandasnya, Selasa (19/5/2020) menuju perairan Pulau Sambu Kepulauan Riau untuk lego jangkar.

Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun yang diwakili oleh Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan, Capt. Herbert Marpaung menjelaskan bahwa kapal tersebut mengangkut tujuh orang awak kapal termasuk nakhoda yang seluruhnya berkebangsaan Thailand.

Sebelumnya, kapal tanker MT. Sea Rider dengan GT 996 berbendera Thailand berlayar dari Pelabuhan Mahacai menuju Pelabuhan Kantang. Kapal tersebut kandas di perairan sekitar 300 meter dari Pulau Pelampung yang berjarak ±1 Mil dari TSS Selat Singapura pada tanggal 12 Mei 2020 pukul 20.00 WIB.

"Pada saat kapal tersebut mengalami kandas, Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun segera melakukan koordinasi dengan Pangkalan PLP Tanjung Uban, VTS Batam dan Instansi terkait lainnya dalam hal ini KKP, Imigrasi, Basarnas, TNI AL dan Polair guna melakukan upaya pengendalian terhadap keselamatan kapal, keselamatan pelayaran di sekitar dan pencegahan pencemaran laut," kata Herbert dalam siaran pers, Rabu (20/5/2020).

Dia menambahkan KSOP Tanjung Balai Karimun mengerahkan KN P366  bersama-sama dengan kapal patroli KN.Sarotama P-112 milik PLP Tanjung Uban ke lokasi kejadian. Dalam hal ini, akan melakukan koordinasi dengan pemilik kapal melalui keagenan yang ditunjuk guna upaya penanganan kapal lebih lanjut serta melakukan pemeriksaan awal terhadap kondisi kapal dan lingkungan sekitar.

Pihaknya juga melakukan pemeriksaan awal terhadap awak kapal dan kendala yang dihadapi dalam pemeriksaan adalah masalah komunikasi dengan awak kapal yang tidak memahami Bahasa Inggris sehingga Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dalam berkomunikasi menggunakan jasa penterjemah.

Herbert menuturkan hasil dari koordinasi dengan semua pihak terkait dan sesuai dengan permohonan dari pemilik kapal melalui keagenan yang ditunjuk diputuskan untuk menarik kapal MT. Sea Rider dari tempat kandas menuju tempat yang aman untuk berlabuh jangkar di perairan Pulau Sambu sambil menunggu proses lebih lanjut sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Dia menceritakan pada Selasa (19/5/2020) pukul 07.35 WIB, saat air pasang tinggi, kapal MT. Sea Rider berhasil dilepaskan dari kondisi kandas dengan menggunakan kapal tunda Hangtuah milik PT Pelindo I (Persero) dan selanjutnya ditarik untuk dilabuhkan di perairan Pulau Sambu. Adapun, selama perjalanan menuju tempat berlabuh jangkar yang aman MT. Sea Rider dikawal oleh KN. Sarotama P-112 dan KN.P366 dan pada pukul 12.35 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top