Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Laris Manis! Pelatihan Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Kartu Prakerja

Berdasarkan jumlah pelatihan yang dipilih oleh peserta, paling banyak dari Ruangguru, yaitu sebanyak 62.184 pelatihan. Kemudian disusul oleh Sisnaker sebanyak 11.169 pelatihan dan Bukalapak sebanyak 8.466 pelatihan.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 09 Mei 2020  |  14:38 WIB
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatihan Kartu Prakerja telah berjalan dan dibuka pendaftarannya sejak pertengahan April lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada konferensi pers secara live streaming, Jumat (8/5/2020), mengungkapkan jumlah total peserta Program Kartu Prakerja mencapai 456.265 orang dan dana yang sudah dicairkan pun senilai Rp1,62 triliun.

Secara total, jumlah pelatihan yang dipilih peserta tercatat 106.912 pelatihan.  Berdasarkan jumlah pelatihan yang dipilih oleh peserta, paling banyak dari Ruangguru, yaitu sebanyak 62.184 pelatihan. Kemudian disusul oleh Sisnaker sebanyak 11.169 pelatihan dan Bukalapak sebanyak 8.466 pelatihan.

"Jumlah pelatihan yang paling banyak diminati ada 8 platform. Ini bukan jumlah platform yang dibayar, tetapi berapa konten yang diakses oleh para peserta Kartu Prakerja," ujar Sri Mulyani.

Menkeu juga menyebutkan pelatihan yang diikuti memiliki harga termurah Rp24.000 dan telah diambil oleh 42 orang. Sementara, untuk harga pelatihan termahal Rp1 juta dan dibeli oleh 22.000 orang.

Pelatihan paling diminati adalah Bahasa Inggris untuk Grammar dan TOEFL, yang dibeli oleh 6.834 orang.

Ruangguru sendiri telah memicu perbincangan di masyarakat. Kehadirannya di program Kartu Prakerja sempat dikait-kaitkan dengan posisi founder-nya Adamas Belva Syah Devara sebagai stafsus milenial Presiden Jokowi.

Tuduhan konflik kepentingan yang diarahkan oleh sejumlah pihak membuat Belva mundur dari jabatannya sebagai stafsus.

“Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” katanya dalam keterangan resmi kepada media, Selasa (21/4/2020).

Belva menjelaskan bahwa Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartutan Staf Khusus Presiden Joko Widodo sebagai buntut polemik Kartu Prakerja dan Ruangguru.

Sebagaimana diketahui, Belva diterpa isu konflik kepentingan Kartu Prakerja (PMO) telah menyatakan bahwa proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Berikut lima besar platform yang paling diminati peserta :

Platform

Jumlah Pelatihan yang Dipilih

Ruangguru62.184
Sisnaker11.169
Bukalapak8.466
Pintaria6.529
Tokopedia6.356

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu prakerja ruangguru
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top