Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Jaga Jarak Fisik, Sucofindo Terapkan Remote Audit Sertifikasi

Mekanisme Remote Audit Sertifikasi ini dilakukan melalui media komunikasi seperti sharing document sesuai dengan kebutuhan audit melalui tautan dokumen dan aplikasi online meeting yang disepakati bersama dengan pelanggan.
Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin. Istimewa
Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan jasa sertfikasi, Sucofindo memberlakukan remote audit sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan mengimplementasikan physical distancing.

Pjs Kepala SBU Sertifikasi dan Eco Framework (SERCO) Sucofindo M. Zakir mengatakan, dikarenakan kondisi pandemi yang belum dapat dipastikan akhir waktunya, melalui Remote Audit Sucofinso mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan.

Kebutuhan sertifikasi pelanggan ataupun menjaga proses sertifikasi yang ada dengan tetap mengacu kepada ketentuan Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Hal itu sebagai antisipasi dampak pandemi Covid-19 terhadap proses sertifikasi, verifikasi, dan validasi sebagai suatu upaya dalam rangka keberlangsungan usaha perusahaan. Selain itu, melalui Remote Audit Sertifikasi ini juga mampu memelihara sertifikat yang sudah didapat oleh pelanggan.

"Dengan Remote Audit, pelanggan dapat tetap mempertahankan sertifikat yang selama ini telah diperoleh sesuai dengan jatuh tempo kegiatan sertifikasi, sehingga sertifkat yang diterima oleh pelanggan tidak dibekukan ataupun dicabut," katanya melalui siaran pers, Rabu (6/5/2020).

Menurut Zakir, Remote Audit sertifikasi ini merupakan audit jarak jauh tanpa mengunjungi ke lokasi, baik secara keseluruhan atau dilakukan secara sebagian dengan pemanfaatan teknologi. 

Mekanisme Remote Audit Sertifikasi ini dilakukan melalui media komunikasi seperti sharing document sesuai dengan kebutuhan audit melalui tautan dokumen dan aplikasi rapat daring yang disepakati bersama dengan pelanggan.

"Dalam penggunaan teknologi dan sharing document, Sucofindo menjamin akan kerahasiaan dari dokumen tersebut dan keamanan pelanggan. Dengan Remote Audit ini juga lebih efisien dalam waktu dan cost perjalanan,” ujar Zakir.

Proses Remote Audit Sertifikasi ini dapat mengakomodir beragam sertifikasi ISO mulai dari aspek kegiatan perusahaan seperti lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, keamanan pangan, dan keamanan sistem informasi, serta mutu produk.

Untuk itu, sebelumnya para pelanggan dapat mengajukan permohonan Remote Audit dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan yaitu dalam media komunikasi, seperti koneksi internet dan aplikasi meeting online yang telah disepakati bersama, serta kebutuhan penunjang sertifikasi, yaitu dokumen administrasi dalam bentuk softcopy.

Dalam implementasi physical distancing, Sucofindo juga mengadakan pelatihan online yang meliputi pelatihan Sistem Manajemen yang berbasis ISO, serta Eco Framework, seperti Program Pemeriksa Kinerja Perusahaan (Proper) dalam pengelolaan lingkungan hidup dan Life Cycle Assessment (LCA).

"Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan pemahaman teknik dan metode audit yang baik, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Pemateri kami adalah Lead Auditor Sucofindo yang sudah mempunyai kompetensi dalam memberikan pelatihan," kata Zakir.

Di tengah pandemi ini, Sucofindo juga tetap beroperasi melayani pelanggan,  meski di beberapa Unit Kerja Pelayanan telah menerapkan bekerja dari rumah, tapi dengan menggunakan teknologi informasi, hal itu tidak mengganggu pelayanan pelanggan.

Untuk kegiatan operasional di lapangan, Sucofindo mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi pegawainya, dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper