Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer Ekonomi, Historia Bisnis: Kongsi 3 Raja Kayu yang Berambisi Jadikan Indonesia Produsen Pulp Terbesar dan Harga Kargo Lebih Murah, Maskapai Penumpang Picu Persaingan Tak Sehat

Berita historia Bisnis: kongsi 3 raja kayu yang berambisi jadikan Indonesia produsen pulp terbesar jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Senin (04/05/2020).
Pabrik kertas PT Sriwahana Adityakarta Tbk./sriwahana.id
Pabrik kertas PT Sriwahana Adityakarta Tbk./sriwahana.id

1. Historia Bisnis: Kongsi 3 Raja Kayu yang Berambisi Jadikan Indonesia Produsen Pulp Terbesar

Tiga kelompok usaha di Tanah Air, Kiani Group, Kedawung Group, dan Dayak Besar Group, menginvestasikan dana sedikitnya Rp3,27 triliun untuk membangun proyek jumbo pabrik bubur kertas atau pulp di Kalimantan Timur.

Pada dekade 1991, nilai tukar rupiah dipatok Rp1.977 per dolar AS. Apabila dibandingkan dengan nilai tukar rupiah pada Kamis (30/4/2020), yang bertengger pada level Rp14.881, mata uang garuda sudah naik 652,71 persen atau lebih dari enam kali lipat. Artinya, investasi Rp3,27 triliun itu nilainya kini setara dengan Rp23,73 triliun!

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ingin Bebas dari Pajak Penghasilan UMKM? Ini Caranya

Wajib pajak UMKM perlu mengajukan permohonan surat keterangan PP Nomor 23/2018 untuk mendapatkan insentif sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 44/2020.

Melalui peraturan Menteri Keuangan tersebut, wajib pajak usaha mikro kecil dan menengah (WP UMKM) berhak mendapatkan fasilitas pajak penghasilan (PPh) final ditanggung pemerintah (DTP) dari PPh yang sebelumnya dikenakan secara final sebesar 0,5 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Diskon BBM 30 Persen Pertamina Ternyata Promo Cashback

PT Pertamina (Persero) meluruskan informasi pemberian diskon untuk jenis bahan bakar minyak (BBM) umum seperti Pertamax Series dan Dex Series selama bulan Ramadan. Namun potongan harga tersebut diberikan dalam bentuk cashback.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan bahwa potongan harga tersebut merupakan bagian dari program Cashback Berkah Ramadan.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. 2,1 Juta Karyawan Industri Furnitur Sebentar Lagi Dirumahkan

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan menyatakan bahwa seluruh tenaga kerja industri furnitur akan dirumahkan atau mengalami pemutusan hubungan kerja dalam waktu dekat.

Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kecil dan Menengah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) Regina Kindangen mengatakan bahwa mayoritas pelaku industri kecil dan menengah (IKM) furnitur telah meliburkan pabrik sejak medio Maret 2020 lantaran tidak ada pesanan yang masuk. Pabrikan furnitur berskala IKM mendominasi pabrikan furnitur nasional hingga 80 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Harga Kargo Lebih Murah, Maskapai Penumpang Picu Persaingan Tak Sehat

Kemunculan maskapai penumpang yang mengangkut kargo udara memberikan harga lebih murah hingga 31 persen jika dibandingkan dengan harga kargo udara normal membuat terjadinya persaingan yang semakin tidak sehat di aktivitas kargo udara.

Ketua Bidang Transportasi dan Infrastruktur Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik (Asperindo) Hari Sugiandi mengatakan saat ini anggota Asperindo menyewa pesawat mandiri untuk mengangkut kiriman paket yang harus di distribusikan ke berbagai daerah.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper