Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskon BBM 30 Persen Pertamina Ternyata Promo Cashback

PT Pertamina (Persero) meluruskan informasi pemberian diskon untuk jenis bahan bakar minyak (BBM) umum seperti Pertamax Series dan Dex Series selama bulan Ramadan. Namun potongan harga tersebut diberikan dalam bentuk cashback.
Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU yang ada di Jakarta, Senin (31/9). Bisnis/Nurul Hidayat
Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU yang ada di Jakarta, Senin (31/9). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) meluruskan informasi pemberian diskon untuk jenis bahan bakar minyak (BBM) umum seperti Pertamax Series dan Dex Series selama bulan Ramadan. Namun potongan harga tersebut diberikan dalam bentuk cashback.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan bahwa potongan harga tersebut merupakan bagian dari program Cashback Berkah Ramadan.

Program promosi tersebut berlaku untuk produk Pertamax Serius dan Dex Series mulai dari 27 April 2020 hingga 23 Mei 2020.

"Ini memperkuat atau mengklarifikasi informasi yang beredar di masyarakat luas bahwa ini merupakan diskon, sebenarnya benar diskon namun bentuknya cashback berupa saldo di LinkAja," katanya dalam paparan kepada wartawan, Minggu (3/5/2020).

Diskon (discount) adalah potongan harga tertentu yang diberikan secara langsung oleh penjual kepada pembeli. Sifatnya langsung diberikan sehingga harga yang harus dibayarkan bisa langsung terkurangi diskon.

Adapun cashback adalah presentase pengembalian uang tunai/ virtual saat pembeli memenuhi syarat tertentu. Bentuknya hampir sama dengan diskon, yaitu berupa presentase harga tertentu. Bedanya, pembeli tidak langsung mendapatkan potongan harga, melainkan dapat pengembalian uang.

Fajriyah menjelaskan untuk mendapatkan cashback sebesar 30% atau maksimal Rp20.000, konsumen harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun, konsumen harus membeli produk BBM tersebut dengan cara transaksi nontunai melalui aplikasi MyPertamina dengan pembayaran melalui LinkAja. "Kenapa kami menggunakan aplikasi MyPertamina? Karena ini sejalan dengan program digitalisasi Pertamina," jelasnya.

Selain program tersebut, Pertamina memberikan promo potongan harga untuk angkot yang mengisi BBM. Potongan harga diberikan untuk kendaraan berpelat kuning yang memiliki trayek resmi dari pemerintah daerah setempat.

Potongan harga diberikan sebesar 50% atau maksimal Rp30.000 dengan target 10.000 pengemudi. Promo tersebut khusus untuk BBM berjenis Pertalie dan Dexlite dengan masa promo hingga 31 Juli 2020.

"Target 10 ribu pengemudi per hari tapi akan di-review terkait dengan animo dan bisa saja kami perbesar," jelasnya.

Sebelumnya, Pertamina juga memberikan diskon harga berupa cashback sebesar 50% atau maksimal Rp15.000 bagi para pengemudi ojek online yang membeli dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Cashback tersebut akan masuk di account LinkAja milik pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper