Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akibat Corona, Pelindo II Sebut Ada Proyek yang Molor

Sejumlah proyek Pelindo II merupakan proyek jangka panjang sehingga tidak ada proyek yang ditangguhkan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 April 2020  |  17:24 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. - Bisnis.com
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC tidak akan menyetop sejumlah proyek yang terkait dengan Kementerian Perhubungan, tetapi waktu penyelesaian akan mundur.

Excecutive Vice President of Corporate Secretary IPC Shanti Puruhita mengatakan karena sejumlah proyek perseroan merupakan proyek jangka panjang sehingga tidak ada proyek yang ditangguhkan. Terdapat tiga proyek yang sangat terikat dengan kementerian teknisnya, yakni pembangunan Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Patimban serta proyek kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL).

"Pembangunan Pelabuhan Kijing tetap berjalan, ya tapi dampak pandemi Covid-19 ini, kemungkinan penyelesaiannya agak mundur, mundurnya sampai kapan, ya sampai pandeminya hilang dan kami bisa kerja normal lagi," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (28/4/2020).

Dia menuturkan dalam proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, IPC mengikuti kebijakan yang ditentukan oleh Kemenhub, termasuk garis waktu proyek. Adapun, saat ini sudah dalam proses persiapan tender.

Pihaknya mengaku siap dalam mengikuti tahapan prosesnya dengan memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Sementara, koordinasi kebutuhan dokumen masih terus dilakukan.

Di sisi lain, lanjutnya, proyek pengembangan kanal CBL, saat ini tengah dipimpin pengembangannya oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub. Adapun, IPC tetap berkoordinasi terkait proyek tersebut, sambil menunggu hasil studinya selesai.

Selain itu, proyek CBL ini masih menunggu beberapa perizinan baik dari sisi perizinan analisis mendalam dampak lingkungan (AMDAL) serta rencana induk pelabuhan (RIP) yang masih dalam tahap pengerjaan.

"Intinya, semua proyek masih on, kami investasinya kebanyakan ya di pembangunan pelabuhan-pelabuhan itu. Tidak ada yang ditangguhkan, Pelindo II bangunnya jangka panjang, jadi masih jalan semua," katanya.

Dia berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu sehingga kepastian kegiatan investasinya dapat terus berjalan karena selama pandemi aktivitas kerja tidak maksimal. Dengan berlalunya virus corona, terangnya, Pelindo II dapat menambah pekerja guna mengejar kejar ketertinggalan pembangunan agar penyelesaian tetap sesuai jadwal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top