Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Minta Distribusi Logistik via Laut Lancar

Dirjen Perhubungan Laut mengingatkan pentingnya jajaran petugas di lapangan agar mensosialisasikan dan melaksanakan sepenuhnya larangan mudik pada Lebaran 1441 H/2020.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 28 April 2020  |  11:29 WIB
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengingatkan agar para pemangku kepentingan terkait mengutamakan keselamatan pelayaran dan kelancaran distribusi logistik lewat jalur laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H. Purnomo mengingatkan kembali pentingnya pelayanan keselamatan pelayaran di tegah-tengah pandemi wabah corona (Covid-19). Selain itu juga menekankan pentingnya menjaga pasokan logistik lewat jalur laut agar tetap berjalan normal.

“Meskipun kita dalam kondisi yang cukup sulit karena pandemi wabah corona, tetapi kita harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran serta menjaga terjaminnya kelancaran pasokan logistik di seluruh wilayah tanah air,” kata Agus dalam siaran pers, Selasa (28/4/2020).

Dia mengingatkan pentingnya jajaran petugas di lapangan agar mensosialisasikan dan melaksanakan sepenuhnya larangan mudik pada Lebaran 1441 H/2020 guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menurutnya, sesuai Permenhub No. 25/2020 telah mengatur larangan penggunaan sarana transportasi laut untuk kegiatan mudik pada masa angkutan Lebaran yang berlaku untuk semua kapal penumpang mulai 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.

"Sampaikan penjelasan terkait larangan mudik di Lebaran 2020 yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan cara persuasif, mengedepankan pendekatan kekeluargaan agar kondisi di lapangan tetap terjaga dan kondusif," ujarnya.

Sementara terkait dengan kegiatan operasional pelabuhan Dirjen Agus berpesan agar pelabuhan tetap beroperasi seperti bisa dengan tetap menerapkan SOP Pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon Wismantono guna mendukung pencegahan penyebaran pandemi corona, pihaknya telah melakukan berbagai langkah-langkah antara lain menutup pintu masuk pelabuhan dari 3 menjadi 1 pintu utk memudahkan pengawasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top