Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Covid-19, Sejumlah Pasar Modern Siapkan Layanan Pesan Antar

Pasar moderen yang sudah turut serta antara lain ada Pasar Modern BSD City,  Pasar Modern Intermoda BSD City, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur,
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 27 April 2020  |  05:58 WIB
Pasar Modern Intermoda BSD, Tangerang - Mutiara Nabila
Pasar Modern Intermoda BSD, Tangerang - Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA – Demi membantu perekonomian tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19, sejumlah pasar modern meluncurkan program pesan antar kepada para penghuni sekitar pasar.

Pasar modern yang sudah turut serta antara lain ada Pasar Modern BSD City,  Pasar Modern Intermoda BSD City, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur, yang menyediakan layanan tersebut agar konsumen bisa belanja dari rumah dan tetap aman sehingga turut menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Hal ini juga sebagai respons imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah untuk menekan penyebaran Covid-19. 

"Untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut, Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur telah menyediakan layanan pesan antar bagi warga sekitar," ungkap Kepala Pasar Modern BSD City Muhamad Bakri Minggu (27/4/2020).

Selain layanan pesan antar, pihaknya telah melakukan sejumlah tindakan diantaranya rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap Jumat malam dan Selasa malam.

“Ini bertujuan agar meminimalisir penyebaran Covid-19, baik di dalam maupun luar pasar. Penyediaan hand sanitizer untuk mencuci tangan bagi para pengunjung dan pedagang di setiap lobi Pasar Modern BSD City pun tidak dilupakan," jelasnya.

Selain itu, sebelum memasuki ke dalam pasar, para pengunjung juga diukur suhu tubuhnya menggunakan thermogun, serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk selatan pasar. Pihak pengelola juga melakukan imbauan secara teratur melalui pengeras suara agar para pengunjung dan pedagang tetap jaga jarak selama beraktifitas di dalam pasa.

Bakri melanjutkan, program pesan antar juga mendukung masyarakat agar melakukan belanja di rumah sehingga tidak menciptakan kerumunan di pasar. 

"Saat ini pengunjung pasar sudah tidak terlalu ramai terlihat karena ada penurunan lot parkir per hari dari sekitar 600 kendaraan pada hari normal menjadi 200 pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," tambah Bakrie.

Tidak jauh berbeda yang terjadi pada Pasar Modern BSD City, pihak pengelola Pasar Intermoda BSD juga meluncurkan program serupa yakni Simoda alias Siap Mo’ Diantar. 

Kepala Pasar Modern Intermoda BSD City, Deddy Wirman berharap program tersebut memberikan kontribusi nyata agar para penghuni tetap berada di rumah tanpa kekurangan bahan pokok selama beberapa waktu. Pemesanan langsung dapat dilakukan kepada pedagang. Sistem pengantaran sesuai kesepakatan antara pedagang dengan konsumen.

Deddy meminta kepada warga agar memastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang diberikan kepada pedagang sudah sesuai sehingga pengiriman kebutuhan pokok menjadi mudah. 

Adapun, kualitas barang pesanan merupakan tanggung jawab pedagang, bukan manajemen Pasar Modern Intermoda BSD City.

Selanjutnya, Fresh Market Kota Wisata juga ikut mendukung seruan pemerintah untuk belanja dari rumah. “Program #SociaIDistancing Fresh Market Kota Wisata. Program itu berinisiatif membantu warga agar lebih nyaman berbelanja dari rumah dengan menyediakan informasi terkait tenant-tenant Fresh Market,.

Hogeny N, Estate Management Department Head Fresh Market menjelaskan program itu lebih rinci bahwa warga Kota Wisata dapat langsung memesan kebutuhan sehari-hari, seperti beras, sayur-mayur, daging, bumbu dapur, buah, dan kebutuhan pokok lain dari pasar melalui layanan WhatsApp. 

"Transaksi (pemesanan dan pembayaran) dilakukan secara langsung antara warga Kota Wisata dan penjual di lapak Fresh Market Kota Wisata," papar Hogeny.

Pesanan itu akan diantar oleh masing-masing penjual ke pembeli. Di sisi lain, Hogeny mengingatkan kesepakatan transaksi dan pengantaran bukan tanggung jawab Fresh Market Kota Wisata. 

 

Selain itu, tiga pengelola pasar modern itu memastikan bahwa di setiap penjuru pintu masuk disediakan tempat cuci tangan agar setiap pengunjung selalu dalam keadaan bersih. Pada tiap pintu masuk pun ada pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun. 

Selain itu, terdapat pula bilik disinfektan di pintu masuk pasar, dan tersedia ruang tunggu bagi para pengunjung. Pengelola pasar juga kerap memberikan himbauan secara teratur agar para pembeli dan penjual tetap jaga jarak selama proses berbelanja. 

Para pedagang, pengunjung pasar, pihak keamanan juga diwajibkan menggunakan masker. Mereka juga memastikan tidak ada lagi pengunjung yang duduk di kafe karena hanya melayani pesan antar atau pengiriman pesanan saja.

Meskipun ketiga pengelola pasar yakni Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD serta Fresh Market Kota Wisata telah melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di dalam pasar, namun mereka tetap menyarankan para penghuni agar tetap berbelanja kebutuhan pokok dari rumah, menggunakan layanan yang telah disediakan oleh mereka. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar kurir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top