Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KM Sumber Arum Tenggelam, Ini Respons Kemenhub

kapal KM Sumber Arum yang tenggelam bermuatan kayu gelam sebanyak 85 meter persegi tersebut membawa 6 awak kapal.
Ilustrasi kapal tenggelam./Antara-Wira Suryantala
Ilustrasi kapal tenggelam./Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengerahkan Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) milik Pangkalan PLP Tanjung Perak Surabaya yaitu Kapal Patroli KN. Chundamani-P.116 menuju lokasi tenggelamnya kapal.

Adapun, kapal KM Sumber Arum yang membawa muatan kayu dilaporkan tenggelam di perairan Taboneo Banjarmasin.

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak Mulyadi mengatakan berdasarkan laporan yang diterima, segera merespon cepat dan memimpin proses kegiatan operasi SAR menuju titik evakuasi korban dengan mengirimkan Kapal Patroli KN. Chundamani-P.116 yang langsung dipimpin oleh Komandan Kapal Capt. Eko Hadi Suyanto.

Dia menjelaskan Kapal KM Sumber Arum bertolak dari Cekatan Kab. Pulau Pisang Kalimantan Tengah menuju Pamekasan Madura. Berdasarkan keterangan dari Nakhoda dan ABK kapal, musibah itu bermula ketika sekitar pukul 02.00 waktu setempat, kapal KM Sumber Arum menabrak kayu balok dalam pelayarannya, sehingga bagian haluan mengalami kebocoran dan air masuk ke dalam kapal, tidak lama berselang tenggelam.

“Tepat pukul 09.00, kapal KN Chundamani-P.116 menuju lokasi kejadian. Lalu Capt. Eko mengintruksikan peran Sea Rider yang digunakan untuk mencari dan melokalisir lokasi,” katanya melalui keterangan resmi, Minggu (26/4/2020).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan kapal yang membawa muatan kayu gelam sebanyak 85 meter persegi tersebut membawa 6 awak kapal. Mereka bertahan menggunakan rakit dari kayu bambu yang ada terombang-ambing di perairan tersebut pada titik koordinat 03°54' 145" S /112°42'391" E TB. Atantic 10 yang melintas memberikan pertolongan.

“Dibantu KN. Chundamani-P.116 akhirnya didapatkan TB. Atantic 10 yang menjadi penampungan korban KM. Sumber Arum tersebut. Selanjutnya seluruh korban dinyatakan selamat dan langsung dilakukan pengecekan suhu badan serta serangkaian protokol kesehatan sebelum diangkut dan on board di KN.Chundamani-P.116,” imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan kapal KM Sumber Arum berbobot GT 25, panjang 18 meter, mesin 6 silinder D14 dengan kapasitas BBM 10 drum (pulang-pergi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper