Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Rehabilitasi Rumah Sakit dan Fasilitas Pendidikan Pascabencana di Sulteng

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum berupa rumah sakit, sekolah dan universitas pascabencana gempa bumi di Sulawesi Tengah.
Pengungsi mengangkat barang-barangnya masuk ke Hunian Sementara (Huntara) kluster kedua di Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (17/1/2019)./ANTARA-Basri Marzuki
Pengungsi mengangkat barang-barangnya masuk ke Hunian Sementara (Huntara) kluster kedua di Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (17/1/2019)./ANTARA-Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum berupa rumah sakit, sekolah dan universitas pascabencana gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Pemerintah juga membangun hunian tetap atau huntap. Seperti diketahui, bencana gempa bumi tsunami dan likuifaksi terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa penanganan pascabencana Sulteng meliputi tahap tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Pendekatannya adalah build back better, tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama,” ujar Basuki dalam keterangan resminya Selasa (14/4/2020).

Pembangunan fasilitas kesehatan dan pendidikan dilakukan dengan memperhatikan protokol keamanan terkait COVID-19 yakni physical dan social distancing.

Adapun rehabilitasi fasilitas kesehatan ini bertujuan untuk memperlancar layanan kesehatan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 di mana dua rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan corona di Sulawesi Tengah.

Dua rumah sakit di Palu yang direhabilitasi Kementerian PUPR yakni RSUD Undata sebanyak 20 bangunan dan RSUD Anutapura sebanyak 22 bangunan.

Pada Tahap 1A sebanyak 7 bangunan RSUD Undata dan 8 bangunan RSUD Anutapura sudah selesai ditangani.

Kemudian, pada Tahap 1B sebanyak 13 bangunan lainnya di RSUD Undata dan 14 bangunan RSUD Anutapura akan direhabilitasi. Untuk Tahap 1B Detail Engineering Design (DED) kedua RSUD telah mencapai 100 persen, kontrak untuk RSUD Undata direncanakan pada Akhir April 2020 dan kontrak RSUD Anutapura pertengahan Mei 2020. Secara keseluruhan progres konstruksi rehabilitasi fasilitas kesehatan ini telah mencapai 35 persen.

Selanjutnya, untuk fasilitas pendidikan dasar, pada Tahap 1A Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi sebanyak 16 sekolah yang terdiri dari 1 kelompok belajar, 4 taman kanak-kanak dan raudhatul athfal, 4 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, dan 7 madrasah tsanawiyah.

Sekolah-sekolah ini tersebar di Donggala (4 sekolah), Palu (8 sekolah) dan Sigli (5 sekolah). Saat ini tahap survei, investigasi dan desain (SID) dan DED telah 100 persen rampung dan rencana kontrak dilakukan pada Mei 2020.

Untuk fasilitas pendidikan tinggi, Kementerian PUPR telah merampungkan rehabilitasi dan rekonstruksi 50 bangunan Universitas Tadulako yang mengalami rusak ringan pada Tahap 1A yang dikerjakan saat masa tanggap darurat.

Adapun pada Tahap 1B Kementerian PUPR akan merehabilitasi 37 bangunan Universitas Tadulako, sementara pada Tahap 1C sebanyak 55 gedung akan direhabilitasi. Saat ini progres keduanya telah menyelesaikan DED. Secara keseluruhan progres konstruksi rehabilitasi Universitas Tadulako telah mencapai 33,33 persen.

Selain rehabilitasi, Kementerian PUPR juga membangun 10 gedung serbaguna dua lantai. Setiap gedung memiliki luas tapak 750 meter persegi dan luas bangunan 1.500 meter persegi yang terdiri dari 12 kelas. Gedung serbaguna ini dibangun dengan konsep green building dan menggunakan material ramah lingkungan seperti beton precast k-375, baja ringan dan alumunium.

Pada tahap 1 akan dibangun sebanyak 8 gedung serbaguna yang rencana kontraknya dilakukan akhir April 2020. Sementara pada tahap 2 akan dibangun sebanyak 2 gedung serbaguna yang rencana kontraknya dilakukan pertengahan Mei 2020. Saat ini progres keduanya telah menyelesaikan DED.

Di samping fasilitas kesehatan dan pendidikan, Kementerian PUPR juga melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung BPKP dan Gedung PIP2B Sulawesi Tengah.

Adapun untuk kontrak pembangunan Gedung Kantor BPKP yang mengalami rusak berat, ditargetkan akan dilakukan pada pertengahan Mei 2020. Sementara kontrak rehabilitasi Gedung PIP2B Sulawesi Tengah akan dilakukan akhir Mei 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper