Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer Ekonomi, Lockdown Jakarta Akan Diputuskan Besok dan Pemerintah Akan Lakukan Karantina Wilayah, Idealnya Berapa Lama?

Kabar lockdown Jakarta akan diputuskan besok jadi berita terpopuler kanal Ekonomi, Senin (30/3/2020).
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

1. Lockdown Jakarta Akan Diputuskan Besok

Keputusan mengenai kemungkinan ibu kota DKI Jakarta diberlakukan lockdown atau karantina wilayah akan diputuskan Senin (30/3/2020) melalui rapat terbatas (ratas) antara Presiden Joko Widodo bersama para menterinya.

Hal ini dikonfirmasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi yang mengatakan keputusan itu akan disampaikan seiring dengan putusan pelarangan mudik 2020 sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Jika Larangan Mudik Diberlakukan, Ini yang Dilakukan Pelni

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berencana mengeluarkan kebijakan pembatasan jumlah seat maksimal 80 persen dan memprioritaskan pengiriman logistik, apabila kebijakan larangan mudik Lebaran 2020 dijalankan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan Perusahaan selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan serta kenyamanan penumpang. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan ruang batasan jarak antar penumpang sehingga penyebaran virus corona dapat dicegah.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Didik J. Rachbini: Pak Jokowi Jangan Angkuh, Segera Lockdown Selamatkan Warga

Ketua Dewan Pengarah Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Didik J. Rachbini meminta pemerintah segera menutup wilayah secara total (lockdown) untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Menurutnya, perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah dan tugas pemerintah menangkal wabah covid-19 adalah menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis. Namun, keselamatan dan kesehatan warga negara merupakan prioritas utama.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Malam Ini, Kemenhub Setop Layanan Bus AKAP di Jakarta

Kementerian Perhubungan membenarkan adanya penutupan angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) di DKI Jakarta untuk meminimalisasi penyebaran virus corona (Covid-19) ke daerah.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menanggapi rencana penutupan akses bus AKAP dari dan ke DKI Jakarta sebagai respons dari munculnya lonjakan arus penumpang bus ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun, dalam beberapa hari terakhir telah terjadi lonjakan arus penumpang moda transportasi bus ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Pemerintah Akan Lakukan Karantina Wilayah, Idealnya Berapa Lama?

Dalam waktu dekat pemerintah akan segera meneken peraturan pemerintah (PP) tentang karantina wilayah. Kebijakan ini tentu membutuhkan perhitungan yang matang untuk menentukan durasinya.

Kepala Lembaga Biologi dan Pendidikan Tinggi Eijkman Kementerian Riset dan Teknologi Amin Soebandrio menjelaskan, durasi masa karantina biasanya dilakukan selama 1 kali masa inkubasi. Dia mengatakan, normalnya masa inkubasi itu berkisar 3 hingga 7 hari, namun rata-rata mencapai 14 hari dan bahkan ada yang selama 20 hari.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper