Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dihantam Corona, Apartemen Mewah di Hong Kong Turun Harga

Para pemilik apartemen di Hong Kong saat ini memangkas harga sewa apartemen hingga 20 persen di wilayah dataran tinggi seperti di Kowloon Barat sebagai salah satu wilayah elite.
Pemandangan Hong Kong pada malam hari./Bloomberg-Brent Lewin
Pemandangan Hong Kong pada malam hari./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA – Punya rencana tinggal di apartemen termahal di dunia? Sekaranglah saatnya. Pasalnya, wabah virus Corona membuat harga sewa apartemen mewah di Hong Kong terpaksa turun harga. 

Hal ini disebabkan para warga kelas atas di Hong Kong menunda untuk melakukan sewa karena proyeksi ekonomi baik di Hong Kong maupun global yang masih melemah.

Senior Sales Manager Midland Realty Arthur Chui mengatakan bahwa pemilik apartemen saat ini memangkas harganya hingga 20 persen di wilayah dataran tinggi seperti di Kowloon Barat. Saat ini jumlah perusahaan yang mencari hunian untuk karyawan asingnya mengalami penurunan tajam.

"Sebelumnya, permintaan untuk tempat tinggal karyawan asing punya pangsa paling besar. Namun, pasar saham yang masih bergejolak membawa tekanan pada pemodalan pemilik apartemen," ungkap Chui, dilansir Bloomberg, Senin (30/3/2020).

Chui menambahkan, meskipun pasar sewa tidak menjadi pasar yang signifikan, tetapi masih lebih baik jika propertinya tetap terisi daripada kosong sama sekali.

Aksi unjuk rasa anti-pemerintah yang dimulai tahun lalu, ditambah dengan wabah Covid-19 membuat perekonimian Hong Kong mengalami resesi. Indeks acuan Hang Seng melorot ke level terendah sejak 2016 pada awal Maret ini, dibarengi dengan tingkat pengangguran yang melejit ke level tertinggi untuk hampir satu dekade.

Apartemen tiga kamar tidur di Kowloon Barat disewakan dengan harga US$4.130 per bulan baru-baru ini. Harga yang ditawarkan itu 20 persen lebih murah dari yang ditawarkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Properti di wilayah tersebut merupakan salah satu yang paling mewah di Hong Kong. Para penyewa dimanjakan dengan fasilitas yang ada seperti bisa pergi ke gedung pencakar langit tertinggi di Hong Kong dengan berjalan kaki, atau berbelanja barang mewah merk Prada dan Louis Vuitton, serta dekat dengan berbagai hotel dan restoran mewah. 

Selain itu, wilayah tersebut juga sudah lengkap dan dekat dengan fasilitas stasiun kereta cepat yang terhubung langsung ke China.

Selain di Kowloon Barat, wilayah hunian mewah yang jadi favorit ekspatriat di sekitar Victoria Harbour juga mengalami penurunan harga sewa. Harga di Soho dan Sheung Wan mengalami penurunan masing-masing 7,3 persen dan 6 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut laporan platform sewa properti Spacious, angka tersebut melampaui penurunan harga yang diproyeksikan pemain di sektor properti dengan jumlah 5,1 persen. 

Adapun, harga untuk menyewa apartemen seluas 500 kaki persegi dengan dua kamar tidur di Hong Kong pada Februari lalu berada di kisaran 17.700 dolar Hong Kong atau sekitar US$2.283.

Di samping kekhawatiran akan kondisi perekonomian saat ini, pemberlakukan aturan social distancing dalam sebulan terakhir juga berkontribusi pada penurunan aktivitas sewa.

COO Spacious James Fisher menyebutkan kemungkinan orang untuk mencari hunian baru di tengah kondisi ini sangat kecil, bahkan hampir tidak mungkin. Meskipun bisa menjelajah dengan internet, pun tetap ada batasannya.

"Jika kondisi ini berlangsung hingga tiga atau empat bulan ke depan, kemungkinan akan ada penurunan harga di seluruh sektor sampai 10 persen," ungkap Fisher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper