Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Pengguna KRL Menurun 50 Persen Sepekan Terakhir

Pekan lalu, jumlah pengguna KRL telah turun sekitar 50% dari waktu normal yang dapat melayani 900 ribu hingga 1,1 juta pengguna setiap harinya.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 22 Maret 2020  |  23:11 WIB
Penumpang kereta commuter line (KRL) menggunakan masker saat berada di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Penumpang kereta commuter line (KRL) menggunakan masker saat berada di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat penurunan pengguna KRL Commuter Line hingga 50% pada pekan lalu di tengah upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau Covid - 19.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mencontohkan pada Jumat 20 Maret 2020 jumlah volume penumpang KRL tercatat hanya 459.922 pengguna.

Kondisi itu, jelasnya, menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang mengikuti imbauan dari pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

"Terbukti jumlah pengguna KRL terus turun jumlahnya dalam satu pekan terakhir. Jumlah pengguna KRL telah turun sekitar 50% dari waktu normal yang dapat melayani 900 ribu hingga 1,1 juta pengguna setiap harinya," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (22/3/2020).

Anne juga berharap ke depan pengguna KRL bisa mengikuti sejumlah ketentuan agar bisa tetap menjaga jarak atau social distancing sebagaimana diimbau pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran wabah tersebut. Hal itu, jelasnya, terutama diharapkan terjaga pada jam operasional kereta pada pagi dan sore hari.

"Kami mohon kerja sama dari para pengguna KRL untuk mengikuti berbagai upaya menjaga jarak ini. Calon pengguna KRL juga dapat mempertimbangkan kembali, apabila bukan keperluan yang mendesak sebaiknya mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap di rumah," jelasnya.

Untuk mengetahui jadwal perjalanan dengan penyesuaian ini dan menghindari berdesakan, sambung Anne, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi KRL Access yang dapat memberikan informasi jadwal serta mengetahui posisi KRL terdekat dan kereta setelahnya.

Adapun, KCI bakal menyesuaikan operasional KRL Commuter Line sejak Senin (23/3/2020) sebagai langkah lanjutan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, KCI akan menyesuaikan jam operasional seluruh lintas/rute KRL yakni menjadi pukul 06:00 – 20:00 WIB dengan mengoperasikan 713 perjalanan KRL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi pt kai commuter line Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top