Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mulai Besok, Ada Penyesuaian Jam Operasional KRL Commuter Line

KCI akan menyesuaikan jam operasional seluruh lintas/rute KRL yakni menjadi pukul 06:00 – 20:00 WIB dengan mengoperasikan 713 perjalanan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 22 Maret 2020  |  11:14 WIB
Penumpang menggunakan masker saat berada di gerbong kereta commuter line (KRL) jurusan Depok/Bogor-Jatinegara/Angke di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Penumpang menggunakan masker saat berada di gerbong kereta commuter line (KRL) jurusan Depok/Bogor-Jatinegara/Angke di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bakal menyesuaikan operasional KRL Commuter Line sejak Senin (23/3/2020) sebagai langkah lanjutan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid - 19.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, KCI akan menyesuaikan jam operasional seluruh lintas/rute KRL yakni menjadi pukul 06:00 – 20:00 WIB dengan mengoperasikan 713 perjalanan KRL.

Dengan penyesuaian itu, maka jarak antar kereta/headway juga diatur lebih rinci, antara lain lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP Headway pada pagi dan sore hari 10-15 menit, sedangkan Lintas Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatinegara PP Headway pada pagi dan sore hari 10-15 menit.

Sementara itu, untuk lintas lain yaitu, Bekasi – Jakarta Kota PP; Maja/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP; Tangerang - Duri PP dan; Tanjungpriok - Jakarta Kota PP, Headway pada pagi dan sore hari 15-30 menit.

Adapun, untuk relasi Rangkasbitung - Tanahabang dan Cikarang - Jakarta Kota sesuai jadwal eksisting dengan jam operasional 06:00 - 20:00 WIB.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona pada transportasi publik, khususnya KRL Commuter Line.

Upaya tersebut termasuk pembersihan kereta secara intensif dengan disinfektan, pengukuran suhu tubuh pengguna, penyediaan hand sanitizer, hingga penerapan jarak sosial di stasiun dan kereta.

"Mulai Senin 23 Maret 2020, upaya ini akan diperkuat dengan penyesuaian operasional KRL Commuter Line," ujarnya dalam keterangan resmi.

Dalam penyesuaian operasional KRL ini, KCI tetap melayani dengan sebagian besar rangkaian kereta formasi 12 (sf 12) ataupun formasi 10 (sf 10), agar tetap dapat mengupayakan social distancing saat menggunakan transportasi publik.

Penyesuaian ini sebagai bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang mengajak masyarakat agar bekerja, belajar, dan beribadah di rumah untuk menghambat penyebaran virus corona.

Selain itu, kebijakan ini merupakan bentuk sinkronisasi dengan berbagai moda transportasi publik lainnya di jakarta yang mulai Senin 23 Maret 2020 juga melakukan penyesuaian operasional.

Penyesuaian pola operasi ini berlaku hingga dua pekan mendatang namun juga menyesuaikan dengan perkembangan terkini di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.

"Penyesuaian maupun perubahan jadwal KRL Commuter Line selanjutnya akan disampaikan melalui aplikasi KRL Access, Twitter @CommuterLine, Instagram @commuterlilne, dan Facebook Commuter Line. Layanan pelanggan 24 jam juga dapat diakses melalui contact center (021) 121."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api commuter line pt kai commuter line Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top