Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jiwasraya Akan Jual Citos Rp3 Triliun, Murah atau Mahal?

Nilai jual akan sangat bergantung dengan kondisi bangunan dan proyeksi pendapatan di masa depan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 09 Maret 2020  |  19:33 WIB
Ilustrasi - Suasana Melbourne Market di Cilandak Town Square -  Bisnis / Reni Efita Hendry
Ilustrasi - Suasana Melbourne Market di Cilandak Town Square - Bisnis / Reni Efita Hendry

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Jiwasyara (Persero) berencana menjual aset properti di antaranya adalah pusat perbelanjaan Cilandak Town Square senilai Rp2 triliun hingga Rp3 triliun.

Vice President Coldwell Banker Commercial Dani Indra Bhatara mengatakan prospek pusat belanja dengan lokasi yang dimiliki Cilandak Town Square (Citos) sangat bagus. Nilainya jsemakin tinggi karena sudah beroperasi dan memiliki proyeksi perkembangan ke depan.

"Biasanya untuk menjual proyek yang sudah berjalan dengan baik pihak, penjual memiliki keuntungan dimana mereka dapat memasarkan dengan harga yang baik. Untuk bisnis yang sudah berjalan, properti tidak hanya dinilai dari harga lahan dan bangunan, tapi prospek bisnisnya," katanya kepada Bisnis, Senin (9/3/2020).

Dani menambahkan, peminat properti seperti Citos umumnya akan berasal dari investor yang ingin langsung menjakankan bisnis dengan mengandalkan pendapatan berulang.

"Umumnya buat deal-nya misalnya tidak hanya gedungnya, tapi juga bersama operatornya [akusisi perusahaan pengelola]. Jadi mereka bisa menghitung nilai proyek berdasarkan future income yang akan didapatkan," imbuhnya.

Sementara mengenai rencananya Jiwasraya akan menjual dengan harga Rp2 - Rp3 triliun, Dani belum bisa berkomentar banyak.

"Karena kalau menentukan harga harus ada hitungannya dulu. Harga bisa menarik kalau memang proyeksi pendapatannya sesuai, dan parameter finansialnya bagus," lanjutnya.

Adapun, dengan harga Rp3 triliun, Citos akan punya nilai lebih rendah jika dibandingkan dengan pusat belanja besar di sekitarnya seperti Pondok Indah Mall 3 yang nilai investasinya sampai Rp5 triliun.

"Harga segitu bisa jadi good deal, tapi belum tentu juga ada yang mau langsung bayar sebanyak itu. Harus menentukan juga gedungnya perlu direnovasi atau tidak karena akan tambah biaya juga," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti mall
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top