Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Industri Kerajinan Dipatok Tumbuh Moderat

wabah virus corona menjadi salah satu hambatan bagi pertumbuhan ekspor produk industri kerajinan pada tahun ini.
Daffa Syaifullah
Daffa Syaifullah - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  16:16 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan kursi pantai berbahan rotan di Tegal Wangi, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Pekerja menyelesaikan pembuatan kursi pantai berbahan rotan di Tegal Wangi, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja ekspor produk industri kerajinan diperkirakan bakal mengalami tekanan dan sentimen negatif dari wabah virus corona. Hal itu membuat pemerintah mematok target ekspor moderat untuk produk tersebut pada tahun ini.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan kinerja ekspor produk industri kerajinan tumbuh 2,5 persen pada 2019 dengan nilai US$892 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai US$870 juta.

Pada 2019 pertumbuhan ekspor kerajinan 2,5  persen. Sekarang potensinya semakin bagus, tapi ada virus corona, jadi ini yang juga mengkhawatirkan,” kata Gati seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/3/2020).

Kendati demikian, dia optimistis jika melihat potensi industri kerajinan nasional yang diprediksi nilai ekspornya akan semakin melonjak naik seiring adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk hingga  desain dan kemasan.

Upaya ini, lanjutnya, sejalan dengan pemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.

“Hal ini cukup membanggakan dan diharapkan dapat terus ditingkatkan lagi, sehingga Indonesia dapat menjadi salah satu produsen kerajinan terbesar di dunia,” ujar Gati.

Untuk itu, Kemenperin mematok pertumbuhan ekspor produk kerajinan sebesar 2,5 persen tahun ini atau sama dengan tahun lalu mengingat adanya sejumlah tantangan dari sisi global.

Awalnya kami membidik 5 persen, tapi karena ada virus corona ya minimal bisa tumbuh seperti tahun lalu,” tukasnya.

Gati menambahkan, industri kerajinan memiliki peranan penting dalam memberikan kontribusi dalam perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari sumbangsih terhadap devisa melalui capaian ekspor produknya yang cukup signifikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor kemenperin Industri Mebel dan Kerajinan

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top