Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Klaim TUKS Semen Indonesia Turunkan Biaya Logistik

Pelindo III sebagai pengelola TUKS berhasil mendatangkan dan melayani jasa sandar dan bongkar kapal tongkang batu bara.
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III atau Pelindo III mengoptimalkan operasional terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) hasil kerja sama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sebagai upaya sinergi antar BUMN dan menurunkan biaya logistik.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan TUKS tersebut bertujuan melayani jasa sandar dan bongkar kapal tongkang batu bara dalam negeri. Kapal tongkang Polaris 02, milik PT Mulya Aji Nugraha Sentosa yang bermuatan batu bara dengan kapasitas muatan 7.501.491 MT, merupakan kapal tongkang pertama yang sandar di TUKS Semen Indonesia sejak perjanjian kerja sama dua pihak disepakati.

"Dengan suksesnya pelayanan sandar dan bongkar kapal tongkang batu bara di TUKS itu, menjadi bukti apabila sinergi antar BUMN bisa terwujud secara otomatis. Hal ini akan memberikan banyak manfaat seperti peningkatan efisiensi biaya logistik dan memaksimalkan potensi bisnis antar BUMN seperti TUKS Semen Indonesia," kata Doso dalam siaran pers, Senin (2/3/2020).

Menurutnya, hal tersebut tidak hanya memberikan manfaat antar BUMN tapi juga semakin mempercepat produk sampai ke pelanggan dengan biaya logistik yang bisa ditekan menjadi lebih rendah.

Dia menambahkan pada awalnya tujuan utama dalam sinergi ini adalah untuk meningkatkan potensi aset TUKS Semen Indonesia. Pelindo III sebagai pengelola TUKS berhasil mendatangkan dan melayani jasa sandar dan bongkar kapal tongkang batu bara.

Sementara itu, Direktur Utama Semen Indonesia Group Hendi Prio Santoso telah membuktikan komitmen untuk bersinergi dengan mitra BUMN lainnya dalam melayani masyarakat melalui pemanfaatan excess kapasitas infrastruktur yang dimiliki perseroan.

"Saat ini, kami sedang melaksanalan transformasi bisnis dan ini merupakan salah satu program strategis perusahan dalam menghadapi tantangan bisnis ke depan. TUKS di Gresik adalah salah satu satu aset yang menjadi prioritas untuk program optimalisasi tersebut," kata Hendi.

Pihaknya menuturkan TUKS milik Semen Indonesia sebelumnya hanya digunakan untuk keperluan logistik interal. Namun, Pelindo III diberikan kewenangan dalam hal pengelolaan pelabuhan dengan tujuan untuk mengoptimalisasikan bersama potensi bisnis masing masing BUMN sehingga bisa saling berbagi manfaat ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper