Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Avtur Satu Harga Penting bagi Maskapai

Harga avtur yang stabil membuat maskapai lebih mudah melakukan kalkulasi dan merencanakan rute.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  18:11 WIB
Aktivitas pekerja di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat
Aktivitas pekerja di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan harga avtur satu harga dinilai penting dalam meningkatkan daya saing industri penerbangan di Indonesia.

Konsultan penerbangan dari CommunicAvia Gerry Soejatman mengatakan insentif jangka panjang diperlukan maskapai karena berkaitan dengan struktural pembiayaan maskapai. Adapun, harga avtur yang stabil membuat maskapai lebih mudah melakukan kalkulasi dan merencanakan rute.

"Bahan bakar, memang yang utama secara jangka panjang. Kalau berangkatnya dari [wilayah Indonesia] barat nggak mahal tetapi baliknya dari sana [timur] jadi mahal karena belinya di sana," jelasnya, Selasa (18/2/2020).

Implikasinya, kata dia, mungkin akan menaikkan harga avtur di wilayah barat Indonesia. Namun, Pertamina juga tidak akan bertindak gegabah dalam menaikkan harga tersebut.

Sementara itu, dia menilai jika insentif yang berkaitan dengan masalah tarif dan kebandarudaraan tidak bisa ditekan terlalu lama dan hanya akan memberikan manfaat untuk jangka pendek.

Selain itu, imbuhnya, insentif jangka panjang lainnya dapat diperoleh melalui aturan omnibus law yang baru terkait dengan jasa bandara.

Dia mencontohkan adanya kepastian lahan terlait fasilitas pelayanan kebandaraan berupa bengkel pesawat (maintenance repair overhaul/MRO). Alhasil, jangkauan bandara pengumpul (hub) di Indonesia lebih merata.

Gerry berpendapat hal itu dapat meningkatkan efisiensi kendati memang tak akan besar porsinya. Namun, bagi dunia penerbangan nilai efisiensi sekecil apapun yang tidak langsung berdampak terhadap penurunan kinerja akan selalu diupayakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan avtur
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top