Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Ajak Negara Eropa Manfaatkan Tax Holiday

Kebanyakan investor yang memanfaatkan fasilitas pajak tersebut antara lain negara-negara Asia seperti China, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong, sementara negara Uni Eropa masih jarang.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  12:36 WIB
Sri Mulyani Ajak Negara Eropa Manfaatkan Tax Holiday
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan kepada tim Bisnis Indonesia saat wawancara eksklusif di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA–Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap semakin banyak negara Eropa yang berinvestasi di Indonesia dan mengajukan tax holiday dalam rangka menanamkan modal.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, investasi langsung yang direalisasikan yang memanfaatkan tax holiday mencapai Rp1.102 triliun.

Kebanyakan investor yang memanfaatkan fasilitas pajak tersebut antara lain negara-negara Asia seperti China, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, hanya Belanda yang tercatat sebagai negara Eropa yang memanfaatkan fasilitas tax holiday.

"Tax holiday sudah diberikan ke banyak negara tapi yang Eropa cuma Belanda, kami harap yang lain ikut," ujar Sri Mulyani dihadapan anggota EuroCham, Senin (17/2/2020).

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan realisasi investasi dari Eropa pada 2019 tergolong cukup menggembirakan.

Menurut Bahlil, meski secara nominal realisasinya belum mengalahkan negara-negara seperti Singapura, China, dan Jepang, investasi dari Eropa memiliki penetrasi pasar yang tinggi.

Belanda pun tercatat berkontribusi sebesar 9,6 persen dari keseluruhan realisasi investasi 2019 yang sebesar Rp809,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tax holiday sri mulyani
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top