Kemenhub Tertarik Kembangkan Transportasi Sungai

Pengembangan inland-waterways untuk akses pelabuhan sangat potensial.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  19:02 WIB
Kemenhub Tertarik Kembangkan Transportasi Sungai
Bengawan Solo

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tertarik untuk mengembangkan sejumlah akses pelabuhan melalui inland-waterways atau jalur sungai, kanal dan tipe perairan darat lainnya karena berbagai keuntungan jalur tersebut.

Staf Ahli Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan pengembangan inland-waterways untuk akses pelabuhan sangat potensial.

"Sangat potensial, yang sedang proses adalah jalur kanal CBL [Cikarang-Bekasi-Laut]," tuturnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya wilayah lain yang berpotensi pengembangan akses tersebut tersebar di beberapa tempat. Salah satunya seperti Sungai Bengawan Solo.

Di sisi lain, Indonesia memang kaya akan sungai dan dapat memanfaatkan sebagai jalur transportasi seperti Sungai Kapuas di Kalimantan dan Musi di Palembang.

Dia menjelaskan terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan jalur tersebut, yaitu kapasitas muat lebih banyak dibanding angkutan jalan. Satu tongkang bisa muat ratusan kontainer yang jika menggunakan truk, setiap kontainer akan dibawa satu truk.

Keuntungan lainnya, relatif lebih sedikit gangguan, terutama akibat kemacetan, mengurangi polusi, dan biaya lebih murah karena kapasitas angkut yang lebih banyak.

Terkait pengembangan jalur kanal CBL, pihaknya menjelaskan sudah ada kesepakatan antara Kemenhub, Kementerian PUPR, serta Pelindo II untuk mewujudkan inland-waterways CBL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan, sungai

Editor : Rio Sandy Pradana
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top