Revitalisasi Wesel, 45 Perjalanan KRL Commuter Line Alami Perubahan

KCI akan bersinergi dengan KAI melakukan rekayasa pola operasi KRL Commuter Line sehubungan kegiatan peningkatan prasarana perkeretaapian di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  14:15 WIB
Revitalisasi Wesel, 45 Perjalanan KRL Commuter Line Alami Perubahan
Kereta commuter line hendak melintasi masuk Stasiun Tangerang, Banten - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai dampak dari pengerjaan renovasi prasarana kereta api di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, terdapat 45 perjalanan KRL yang akan mengalami rekayasa pola operasi dan satu KA dibatalkan.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta melakukan rekayasa pola operasi Commuter Line sehubungan kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan keandalan prasarana perkeretaapian yang fokus pada keselamatan dan kelancaran pelayanan perjalanan kereta di masa akan datang.

"Dari total 281 perjalanan KRL Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi dan satu KA dibatalkan," jelasnya, Selasa (11/2/2020).

Selama masa pekerjaan ini, imbuhnya, perjalanan KRL Commuter Line akan mengalami rekayasa pola operasi.

Untuk relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota dan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota sebagian perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai untuk selanjutnya kembali menuju Depok/Bogor dan Bekasi/Cikarang.

Selain lintas Depok/Bogor – Jakarta Kota dan Bekasi/Cikarang – Jakarta Kota, operasional perjalanan KRL di lintas lainnya akan tetap berlangsung normal sebagaimana biasanya.

PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan revitalisasi prasarana perkeretaapian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota selama 11 hari yaitu pada 13-23 Februari 2020.

“PT KCI memohon maaf atas ketidanyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini. Rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikini – Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” ujarnya.

Sebagai bentuk antisipasi, PT KCI juga telah berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menambah armada busnya di Stasiun Manggarai yang dapat menghubungkan pengguna ke berbagai koridor jalur TransJakarta.

Dia menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk menyesuaikan jadwal perjalanannya sehubungan dengan kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian yang berlangsung di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kereta commuter line

Editor : Fitri Sartina Dewi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top