Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Ubah Dua Pelabuhan Jadi Pusat Ekspor CPO

Layanan terminal curah cair dinilai sangat prospektif dengan potensi ekspor komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang terus meningkat.
Sebuah kapal tanker berbendera asing memuat minyak kelapa sawit (crude palm oil) di pelabuhan PT Pelindo I Dumai di kota Dumai, Riau, Kamis (31/1/2019)./ANTARA-Aswaddy Hamid
Sebuah kapal tanker berbendera asing memuat minyak kelapa sawit (crude palm oil) di pelabuhan PT Pelindo I Dumai di kota Dumai, Riau, Kamis (31/1/2019)./ANTARA-Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mengoptimalkan pengoperasian terminal curah cair melalui dua pelabuhan besarnya yakni Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I M. Eriansyah menjelaskan layanan terminal curah cair sangat prospektif dengan potensi ekspor komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang terus meningkat. Terlebih, produk tersebut menjadi salah satu kontributor utama terhadap kinerja ekspor nasional.

"Komoditas CPO dan turunannya ini banyak diekspor menuju negara-negara di Asia Selatan, seperti Pakistan dan India serta ada juga yang diekspor ke Belanda. Kami akan mengoptimalkan operasional Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai,” ungkapnya dalam keterangan, Rabu (5/2/2020).

Sepanjang 2019, Pelabuhan Belawan melakukan ekspor CPO dan turunannya sebanyak 3.273.978 ton tumbuh 12,60 persen dibandingkan dengan 2018 yang sejumlah 2.907.383 ton.

Saat ini, Pelindo I memiliki fasilitas pipa terpadu di dermaga yang menghubungkan dengan ratusan tangki timbun CPO yang ada di area Pelabuhan Belawan yang didukung dengan 84 jalur pipa, enam loading point, serta dilengkapi dengan tiga unit tangki CPO dengan kapasitas masing-masing 3.000 metrik ton (M/T).

Pelabuhan Belawan memiliki dermaga sepanjang 3.436 meter yang dilengkapi dengan sembilan mobile crane, empat forklift diesel, satu excavator, lima unit dump truck, empat grab bucket guven, dan empat dry bulk hopper guven.

Sama halnya dengan Pelabuhan Dumai yang menjadi pelabuhan ekspor komoditi CPO terbesar di Pulau Sumatera. Pelabuhan Dumai mampu mengekspor CPO dan turunannya sebanyak 4.751.701 ton selama 2019 untuk diekspor menuju India, China, Jepang, dan penjuru Eropa. Angka tersebut naik 5,77 persen dibandingkan dengan 2018 sebanyak 4.492.454 ton.

Pelabuhan Dumai saat ini diproyeksikan sebagai pelabuhan ekspor CPO terbesar di Indonesia yang memiliki tiga dermaga dengan rincian Dermaga A sepanjang 348 meter untuk general cargo dan 20 meter untuk pelabuhan penumpang, Dermaga B sepanjang 800 meter untuk terminal curah cair, serta Dermaga C sepanjang 500 meter untuk peti kemas dan curah kering.

Saat ini fasilitas dan peralatan yang berada di Pelabuhan Dumai antara lain: satu harbour mobile crane, tiga mobile crane, satu reach staker, tiga forklift, empat excavator, delapan wheel loader, 13 dump truck, satu mini dozer, sembilan kapal tunda, sembilan kapal pandu, dan satu speed boat.

Pelindo I terus berupaya meningkatkan fasilitas bongkar muat untuk curah cair seiring dengan kecenderungan peningkatan nilai ekspor CPO setiap tahunnya. Contohnya, fasilitas loading point (pengiriman) curah cair di Pelabuhan Dumai dari yang semula hanya mampu memompa 200-300 ton per jam menjadi 500 ton per jam.

Menurutnya, upaya optimalisasi fasilitas bongkar muat akan meningkatkan kinerja ekspor CPO melalui pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya.

"Terlebih, saat ini pemerintah gencar melakukan pembangunan infrastruktur yang mampu mempercepat distribusi barang dan menurunkan biaya logistik,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper