Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Adi Soemarmo Solo Umumkan Kedatangan Xpressair

General Manajer PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan maskapai tersebut merupakan pindahan dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  10:56 WIB
Express Air. - ANTARA
Express Air. - ANTARA

Bisnis.com, SOLO - Bandara Adi Soemarmo Surakarta segera kedatangan maskapai baru, yaitu Xpressair yang akan melayani rute Solo-Kalimantan.

General Manajer PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan maskapai tersebut merupakan pindahan dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

 "Beroperasinya mulai masuk summer, tepatnya tanggal 21 Maret. Untuk rutenya Palembang, Samarinda, Pontianak, dan Lampung," katanya seperti dikutip Antara, Jumat (24/1/2020).

Ssebelumnya, Xpressair melayani Yogya-Kalimantan. Namun, maskapai tersebut memindahkan rute ke Solo seiring dengan perpindahan bandara di Yogyakarta ke lokasi yang baru.

"Alasannya, kalau mereka ikut pindah ke bandara yang baru, maskapai ini belum memiliki alat PBN [Performance Based Navigation]. Jadi harus pakai satelit, akhirnya manajemen memutuskan peralihan rute ke Solo," katanya.

Dia memperkirakan perpindahan tersebut justru akan memudahkan penumpang mengingat banyak masyarakat di wilayah Soloraya, khususnya Wonogiri yang menggunakan rute ini.

"Yang kerja di Kalimantan banyak dari Wonogiri. Penumpang juga bisa memanfaatkan KA Bandara untuk menuju Stasiun Solobalapan untuk selanjutnya menggunakan skybridge ke Terminal Tirtonadi. Di sana mereka berganti bus menuju ke kota asal," katanya.

Untuk memudahkan penumpang, dia juga sudah berkomunikasi dengan pihak manajemen maskapai untuk membuka loket penjualan tiket di Terminal Tirtonadi.

Dia mengatakan Xpressair yang akan menggunakan maskapai jenis Boeing Series Classic tersebut rencananya akan beroperasi tiga kali dalam satu minggu. Menurut dia, selama ini tingkat keterisian pesawat tersebut juga cukup bagus.

"Load factor-nya rata-rata 80 persen dari kapasitas 150 penumpang. Ini kalau dengan rute Yogja, harapannya bisa sama dengan rute Solo," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Express Air solo angkasa pura i

Sumber : Antara

Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top