Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tak Hanya Rumah, Kantor Juga Bisa Terapkan Teknologi Pintar

Tren canggih pertama yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah voice assistant untuk membantu dengan berbasis suara.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 Januari 2020  |  17:40 WIB
Ilustrasi ruang perkantoran
Ilustrasi ruang perkantoran

Bisnis.com, JAKARTA – Dengan segala kemudahan yang ditawarkan dari segi keamanan dan kontrol, konsep teknologi pintar tak hanya diminati dalam pengembangan hunian, tetapi juga dalam pengembangan ruang-ruang kantor.

Saat ini banyak pengembang yang mulai memasarkan hunian dengan konsep rumah pintar yang berteknologi tinggi mulai dari mengontrol pendingin ruangan, lampu, hingga mengelola keamanan hunian. Dengan pergeseran ke arah yang lebih canggih, ruang kantor juga harus bisa mengikuti tren ini.

“Ketika orang sudah biasa dengan bantuan teknologi di rumahnya, mereka akan mencari juga kemudahan serupa di kantor. Ke depannya, penerapam konsep rumah pintar akan memengaruhi penerapannya di ruang kantor juga,” ungkap Tom Carroll, Head of EMEA Corporate Research JLL, melalui laporan tertulis yang dikutip Bisnis, Senin (20/1/2020).

Tren canggih pertama yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah voice assistant untuk membantu dengan berbasis suara. Pengguna bisa meminta voice assistant untuk membantu memainan musik, menyalakan, atau mematikan lampu dengan melakukan perintah suara.

Nick Whitten, Director of UK Research JLL, memprediksikan penggunaan teknologi berbasis perintah suara akan memiliki perkembangan yang pesat di ruang-ruang kehidupan manusia, seperti rumah dan kantor.

Di ruang kantor, teknologi perintah suara memang belum banyak digunakan, tetapi Whitten menyebutkan bahwa dengan makin berkembangnya teknologi, penggunaan penolong berbasis suara akan banyak diperlukan untuk menjalankan berbagai tugas domestik.

“Meskipun penggunaan voice assistant belum mengalami perubahan drastis saat ini, tapi perkembagannya cukup menarik, di kantor, misalnya, untuk lebih mudah mengakses website, mengelola penggunaan ruang rapat, atau sebagai alat presensi karyawan,” imbuh Whitten.

Selanjutnya, teknologi selanjutnya yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah penggunaan lampu pintar atau pengatur suhu ruangan otomatis.

Menurut Carroll, ruang kantor pintar bisa menggunakan lampu yang menyala atau mati dengan sensor gerakan. Misalnya, lampu menyala ketika mendeteksi ada orang masuk ruangan dan mati otomatis setelah ruangan kosong. Hal itu juga berlaku pada pengatur suhu ruangan otomatis.

Penggunaan teknologi seperti pemantau jarak jauh, video pengawas, sensor gerak, dan kartu kunci atau pintu masuk biometrik mulai umum digunakan sebagai metode pengamanan modern bagi perusahaan meskipun saat ini fitur tersebut baru familiar digunakan pada hunian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkantoran Smarthome
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top