Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kehadiran Tol Japek II Elevated Berdampak Positif bagi Kawasan Industri

Beroperasinya jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated bakal membawa dampak positif terhadap kawasan industri di sekitarnya.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 19 Januari 2020  |  20:01 WIB
Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA — Beroperasinya jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated bakal membawa dampak positif terhadap kawasan industri di sekitarnya.
 
Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan dengan adanya infrastruktur jalan tol yang baru dioperasikan tersebut berpotensi meningkatkan permintaan lahan industri di beberapa wilayah seperti Karawang dan Purwakarta.
 
Selain itu, Subang juga menjadi tempat yang potensial untuk tumbuh sebagai kawasan industri karena ke depannya akan segera dioperasikan Pelabuhan Patimban.
 
“Dengan harga yang kompetitif dan infrastruktur yang semakin memadai, wilayah-wilayah tersebut bisa menjadi alternatif atas lahan industri yang semakin terbatas di Bekasi,” ujarnya pada akhir pekan lalu.
 
Ferry mengungkapkan selama ini Bekasi memang masih menjadi wilayah yang paling dicari para pelaku industri. Namun, pasokan yang semakin terbatas membuat penjualan lahan industri di wilayah tersebut cenderung stagnan.
 
Colliers International Indonesia mencatat beberapa pengembang kawasan industri yang masih cukup aktif menawarkan lahan industri antara lain adalah Bekasi Fajar, Jababeka, Delta Silicon, dan Greenland International Industrial Center (GIIC).
 
Sebelumnya, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan bahwa kehadiran jalan tol Japek II Elevated akan membawa dampak positif terhadap perekonomian di wilayah sekitarnya, termasuk sentra-sentra industri.
 
Dia menuturkan, dengan infrastruktur yang semakin memadai, maka distribusi barang, proses pengiriman bahan baku ke sejumlah kawasan industri juga menjadi lebih cepat. Hal tersebut bakal mendorong produktivitas dan menurunkan biaya ekonomi dan industri. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol jakarta-cikampek jalan tol jakarta-cikampek (japek)
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top