Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo III Yakin POCC Efisienkan Layanan Pelabuhan, Kok Bisa?

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan POCC yang beroperasi selama 24 jam nonsetop dalam 7 hari merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 Desember 2019  |  13:01 WIB
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung. - Istimewa
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III meluncurkan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet bernama Port Operation Command Center (POCC) guna memberikan kenyamanan bagi mitra bisnis.

Direktur Utama Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung mengatakan POCC yang beroperasi selama 24 jam nonsetop dalam 7 hari merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan. 

Nantinya, sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan, sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.

"POCC merupakan terobosan pelayanan yang kami berikan kepada para stakeholder dan mitra bisnis di empat regional di bawah wilayah kerja, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan. Harapannya, melalui sistem ini pelayanan kegiatan kepelabuhanan yang selama ini terlaksana bisa semakin cepat dan mudah," katanya dalam siaran pers, Kamis (19/12/2019).

Dia menambahkan melalui POCC, mitra bisnis tidak perlu lagi repot harus datang ke pelabuhan hanya sekedar untuk koordinasi kapal sandar atau bongkar muat. 

Adapun, fungsi POCC adalah mengintegrasikan sistem internal seperti operasional terminal, pelayanan kapal, anjungan atau pelayanan tagihan, dan lainnya, dengan sistem eksternal seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan). 

POCC, lanjutnya, akan mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal, agar saat ada kondisi tidak normal (unusual condition) yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang kompleks.

Di sisi lain, sistem ini juga memasukkan unsur manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat.

Doso optimistis POCC akan mendorong ketepatan perencanaan sandar dan bongkar muat kapal, mengurangi waiting time, serta meminimalkan idle time dan not operation time, sehingga secara total akan menekan Turn Round Time (TRT). 

Selain itu, diharapkan dapat mencapai penerbitan tagihan dalam satu hari (one day billing), sehingga proses bisnis dapat berlangsung lebih cepat.

Sebelumnya, Pelindo III sudah meluncurkan dan mengujicobakan layanan POCC di regional Jawa Timur pada 6 Desember 2018. Hasilnya, layanan ini mampu memperingkas waktu pelayanan rata rata hingga 30% dibandingkan dengan sistem sebelumnya.  "Layanan POCC mulai hari ini resmi bisa dimanfaatkan oleh seluruh regional Pelindo III," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii tanjung perak
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top